10 Fakta Tentang Gunung Merapi

Please follow and like us:

Pada kesempaten kemarin kita sempat membahas tentang Fakta dari Gunung Merbabu. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas fakta – fakta dari Gunung Merapi yang letaknya berdampingan dengan Gunung Merbabu.

Langsung saja kita mulai dari fakta yang pertama.

1.Gunung Berapi yang Masih Aktif

Terlihat sampai sekarang jika kalian berada di dekat daerah sekitar Yogyakarta akan melihat asap yang keluar dari ujung Gunung Merapi.

Apalagi yang berada di kaki Gunung Merapi akan nampak lebih jelas dan dapat melihat bekas erupsi Merapi.

2.Terletak dalam 5 Wilayah ( 4 Kabupaten dan 1 Daerah Istimewa )

Letak Gunung Merapi di sisi lereng bagian selatan menurut administrasi berada di wilayah Kabupaten Sleman dan D.I Yogyakarta.

Sedangkan sisa lereng yang lainnya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Magelang pada sisi bagian barat, Kabupaten Boyolali pada sisi bagian utara dan timur, sedangkan sisi bagian selatan terletak di Kabupaten Klaten.

3.Pernah Meletus 68 Kali

Menurut catatan id.wikipedia.org, Gunung Merapi pernah peletus sebanyak 68 kali. Dan untuk letusan pada tahun 2010 kemarin adalah letusan terbesar sejak letusan tahun 1872.

4.Mempunyai 3 Jalur Pendakian

Jalur pendakian Gunung Merapi sebenarnya ada 3 yaitu Jalur pendakian via selo, via Babadan dan via Kineharjo.

Akan tetapi 2 jalur via Babadan dan via Kineharjo sudah tidak dipakai lagi sejak erupsi merapi 2010 tahun kemarin.

5.Memiliki ketinggian 2.900 an Mdpl

Mengapa saya tuliskan 2.900 an Mdpl ? karena pada tahun 2006 tinggi Gunung Merapi mencapai 2.968 Mdpl sedangkan sekarang tingginya hanya mencapai 2.930 Mdpl dikarenakan erupsi tahun 2010.

6.Banyak Spesies Burung

Banyaknya hewan yang hidup di Gunung Merapi, selain Macan Tutul juga ada Burung Elang Jawa. Bahkan menurut infopendaki.com masih banyak spesies burung yang ada di Merapi.

7.Banyak Memakan Korban Jiwa

Terpancing oleh pesona Merapi di Puncak Garuda yang memang sekarang sudah hilang karena erupsi 2010 akan tetapi masih banyak juga yang nekat naik ke Puncak Merapi bahkan sudah dilarang keras dan akhirnya banyak korban jiwa yang jatuh ke kawah merapi, kebanyakan korban adalah pendaki yang tidak tahu aturan.

Jadi hati – hati saja ya gaes kalau mendaki, jangan kotori gunung dan taatlah pada peraturan pendakian yang ada di gunung tersebut.

9.Memiliki Cerita Mistis

Sebelum mencapai Puncak Merapi, ada tempat yang namanya Pasar Bubrah. Konon Pasar Bubrah adalah pasarnya para setan yang ada di Merapi.

10.Memiliki 6 View Puncak Gunung Lain

Jika kalian mendaki sampai pasar burah saja, jangan sampai puncak karena dilarang ! kalian sudah mendapati banya view indah disana.

Bahkan Puncak Gunung Merbabu pun terlihat dan masih banyak lainnya seperti Gunung Lawu, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, bahkan Sumbing dan Sindoro kelihatan puncaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *