10 Hal Menarik Dalam Dunia MMORPG

10 Hal Menarik Dalam Dunia MMORPG
Please follow and like us:

Saat ini sudah banyak bermunculan game bergenre MMORPG(Massively multiplayer online role-playing games).

10 Hal Menarik Dalam Dunia MMORPG
Game Fantasy Saga Online wavegame

Membuat kita bisa bermain dan terhubung kejaringan untuk menyeselaikan misi yang ada di dalam game play dan juga berinteraksi dengan sesama player.

Tapi tahukah anda, ddalam dunia MMORPG itu banyak sekali hal yang menjadi ciri khas dari game ini? beberapa hal itu akan saya tuliskan pada point berikut ini.

1. Game MMORPG indentik dengan pemilihan karakter yang bermacam-macam

Disini yang penulis maksud seperti terdapat class atau job yang bisa kita pilih. Pengen jadi hitter? healer? atau malah tanker? biasanya di banyak mmorpg terdapat peranan seperti itu.

Kalau penulis sendiri sangat suka dengan job warrior yang biasanya jadi tanker.

2. Adanya dungeon, instance, atau wave

Di dalam genre ini, kita juga biasa menemukan sebuah fitur untuk masuk ke dalam sebuah dungeon, instance atau raid untuk melawan boss.

Mencari item langka yang dapat menambah stat char yang kita miliki menjadi semakin bagus.

3. Levelling dan hunt

Sistem level pada MMORPG memang kadang terasa tidak adil, karena level yang lebih besar pasti memiliki peluang lebih banyak untuk memenangkan sebuah war atau battle.

Tapi hal inilah yang menjadi kesenangan para player, karena mau tidak mau kita harus melakukan levelling untuk mengimbangi player yang lainnya yang lebih tinggi dengan cara hunt monster maupun masuk dungeon.

Persaingan sudah dimulai saat anda pertama kali membuat karakter dalam game.

4. Main quest dan side quest

Hal ini juga termasuk komponen yang sering penulis temui saat bermain game MMORPG.

Biasanya di awal-awal, kita akan dihadapkan dengan main quest yang  lumayan banyak untuk mempercepat level up .

Setiap misi berhasil kita tentunya mendapatkan point experience untuk menambah persentase level hingga sampai level up.

Dan juga semakin tinggi level biasanya main quest menjadi semakin sedikit karena ada batasan misalnya level tertentu untuk bisa menjalankan quest.

Jadi mau tidak mau kita harus rajin levelling jika tidak sibuk, dan bisa mengerjakan side quest yang biasanya sehari sekali akan reset kembali.

5. PVP dan Arena

Game MMORPG tanpa fitur pvp memang sangat membosankan, karena pvp ini bisa menjadi sebua pembuktian dan pengakuan oleh player lain bahwa char kita juga kuat jika kita selalu menang.

Atau ada map arena yang bisa digunakan untuk battle banyak player.

6. Player Kill (PK)

Kadang ada beberapa orang yang sengaja bermain sebuah game MMORPG berperan sebagai penjahat yang suka membunuh orang atau istilahnya adalah seorang PK.

Menjadi PK ini juga harus tangguh lho, kalau char yang anda build tidak tangguh, bisa-bisa sebelum anda melancarkan aksi PK , malah sudah wasalam dulu.

PK adalah salah satu fitur yang membuat game MMORPG menjadi sangat berasa, karena bermain game MMORPG tanpa ada kejahilan atau musuh dengan player lain itu juga biasanya menjadi bosan.

Asal jangan terlalu lebay jika anda menjadi PK atau memilih musuh yang sering melakukan PK pada anda.

7. Guild

Menjadi solo player itu juga menyenangkan, karena anda bisa lebih bebas mau jadi apa di dalam game, tapi jika kelamaan , rasanya juga pasti jenuh(pendapat penulis) .

Jika anda tidak teralu berbakat menjadi seorang solo player, lebih baik anda bergabung dengan serikat (guild).

Karena disana interaksi antar player menjadi lebih mudah. Selain itu anda juga bisa ikut misal ada perang antar guild atau komptetisi lain yang diwakilkan oleh nama guild.

Menjadi solo player bukanlah hal buruk, hanya saja jika solo player ditambah menjadi silent reader dan tanpa interaksi dengan player lainnya sama seperti anda main game offline , hanya berinteraksi dengan npc lainnya.

8. Tidak ada ending

Game online sering terpaku pada quest, level dan story yang terus di update, jadi biasanya, ending dari sebuah game MMORPG adalah ketika server dari game tersebut akan tutup. (Tapi SAO kok ada endingnya ya?).

Tapi kebanyakan dari game online akan menampilkan sebuah story dari game tersebut ketika menjalankan quest, dan setelah selesai.

Untuk selanjutnya, para player yang akan membentuk suatu kehidupan dalam game.

9. Farming

Istilah yang sering orang gunakan untuk mengumpulkan mata uang dari sebuah game .

Tujuan mereka untuk memperkaya diri juga di dalam game agar dapat membeli banyak item yang membutuhkan banyak uang dalam game tersebut.

Farming ini kadang juga dimanfaat banyak player untuk dijual ke player lain, padahal  tersebut adalah Real Money Trade(RMT) Yang biasanya dilarang di game-game online.

10. Player jadi-jadian

Kalau hal ini sering kita temui dalam game mmorpg, banyak sekali player yang memainkan char cewek padahal dia adalah laki-laki.

Istilah ini sering kita sebut Hode(salah satu nama monster dalam game ragnarok yang bentuknya mirip alat kelamin pria).

Hehehe,  gambar diatas adalah  screenshot dari game fantasy saga yang pernah penulis mainkan, cuma sekedar nostalgia saja, karena game tersebut lumayan bagus.

Hanya saja sudah tutup karena banyak ditinggalkan player , padahal menurut penulis sendiri, game ini salah satu game online yang menantang. Kalau yang server Thailand sepertinya masih bertahan sampai saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *