10 Permainan Jaman Dahulu Yang Hampir Punah

Please follow and like us:

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman dalam bidang teknologi khususnya. Banyak game – game  yang menggantikan permainan jaman dahulu.

Berbeda dengan permainan sekarang ini yang hanya duduk manis di depan laptop ataupun gadget – gadget spek tinggi kita sudah bisa main sendirian tanpa adanya teman.

Untuk mengenang masa lalu ( cie mengenang ) bukan mengenang, biar permainan yang memang asik dan harus kita lestarikan, akan tetapi malah termakan perkembangan jaman dan gak mau kan anak kita kelak sakit – sakitan karena kurang olahraga karena duduk doang di depan monitor.

Maka dari itu kami tim sejuta fakta merangkum beberapa permainan jaman dahulu yang memang sudah memudar dan sangat disayangkan. Berikut macam permainan jaman dahulu yang mengasyikan itu.

Kita mulai dari yang pertama.

1.Lompat Tali

Lompat tali adalah salah satu permainan yang digemari gadis – gadis kecil dahulunya pas ane lagi kecil, tapi juga sering ikut sih ( curhat ).

Cara mainnya gampang kok tinggal loncat ke atas talinya, tapi jangan sampai mengenai talinya. Yang lebih asiknya lagi, ada step – step untuk main tali ini. Yang gagal dan tidak bisa ke step berikutnya gak boleh main, kalau salah satu dari kalian belum bisa menangin step terakhir.

2.Petak umpet

Biasanya permainan ini dilakukan oleh banyak anak sperti halnya lompat tali tadi. Sebenernya bisa kalau dua orang saja, tapi lebih asik jika banyak temannya bukan ?

Petak umpet ini cara mainnya adalah dengan hompimpa dahulu deh kalau ndak salah, dan yang tangannya paling beda itu dia yang jaga, dan yang lainnya ngumpet sampai yang jaga selesai menghitung dan mulai mencari temannya yang ngumpet.

Apa yang di jaga hayo ? yang di jaga ya tempat pejanjian tadi, kalau yang ngumpet bisa pegang tu  tempat jaga,  nasib deh yang jaga tadi kena jaga terus haha.

3.Kelereng/Gundu

Nah, kalian pasti tahu permainan ini. Permainan yang menggunakan gundu/kelereng ini kayaknya masih ada yang jual deh di toko – toko mainan.

Walaupun juga agak susah nyarinya tapi asik juga, asiknya gimana ? ya kalau kalian bisa menang. Bisa dapet kelereng banyak.

Untuk cara mainnya pakai tangan, dan latihan fokus buat mengenai kelereng temen kamu yang jadi jagoannya. Ada juga yang pakai taruhan kelereng, dan masih banyak lagi aturannya.

4.Ular Naga

Permainan ini gak pake ular lho gaes, aman kok. Tapi kitanya yang main yang muter – muter kaya ular.

Cara mainnya kita sembari bernyayi dan ketika lagu selesai kan ada tu yang jadi kaya gerbang, nah yang ketangkep si pembuat gerbang itu harus milih bergabung di salah satu tim, dan tim yang paling sedikit harus menangkap tim lawan walaupun kadang bisa sendirian.

5.Engklek

Yang ini seru nih gaes, permainan yang mengandalkan kekuatan kaki kalian. Dengan satu kali kalian harus bisa melewati kotak – kotakan yang sudah kalian buat bersama teman kalian.

Kalau gak bisa ya gugur deh. Permainan ini biasanya dimainkan lebih dari 2 orang biar permainannya lebih asik dan rame.

6.Congklak/Dakon

Beda dengan permainan tengklek tadi gaes, congklak atau banyak yang menyebutnya dakon ini hanya dimainkan 2 orang saja gaes.

Permainan ini memakai papan dan biji congklak atau dakon tadi, dan siapa yang nanti pas memainnkan di akhir permainan ini paling banyak biji congklaknya dialah yang menang dan mendapatkan point.

7.Pletokan

Permainan yang menggunakan bambu ini adalah salah satu favorit saya. Kenapa ? karena kita bisa nembak temen kita pakai mainan ini.

Bukan nembak cewek lho, kan masih kecil gak mikirin cewek (dulu ) sekarang anak jaman sekarang kecil – kecil udah cepet gede aja.

8.Bola bekel

Ini nih baru permainan cewek yang sebenarnya, tapi ada juga anak cowok yang suka permainan ini. Agak aneh tapi lihatnya kalau anak cowok yang main ginian.

Permainan ini memakai bola yang bisa mental – mental dari karet biasanya gaes dan beberapa bekel buat mainin step – step dari bekel itu sendiri. Yang cewek pasti lebih tau nih.

9.Gasing

Dikutip pada id.wikipedia.org , gasing sudah ada jauh sebelum penjajahan Belanda di wilayah Natuna, kepulauan Riau.

Permainan ini dikenal sejak tahin 1930-an, main gasing bisa dilakukan sendiri ataupun rame – rame lho gaes. Karena gasing ini untuk memainkannya satu orang harus memiliki gasing ini.

10.Egrang

Egrang adalah salah satu permainan yang memakai bembu selain pletokan tadi gaes, tapi kali ini kita memainkannya bukan untuk menembak melainkan untuk keseimbangan.

Kalau kalian sudah bisa naik egrang ini, saya akuin dah kalau kalian emang udah tua dan lihai dalam keseimbangan, haha piss.

Sebenernya masih banyak lagi gaes permainan jaman dahulu yang belum kami rangkum, itung – itung buat kalian bisa bayangin permainan apa saja yang dulu pernah kalian mainin ( bagi yang sekarang sudah tua lho *eh dewasa maksud saya ).

Bisa kalian tambahin gaes di kolom komentar di bawah, apa saja permainan yang kalian inget pas waktu dulu kalian mainin.

Jangan lupa Share, Like dan juga terima kasih buat kalian yang sudah membaca postingan kami kali ini.

Terima kasih, kami tim sejutafakta.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *