7 Fakta Karimunjawa dan Asal Mulanya

wisata kepulauan karimunjawa
Please follow and like us:

Wikipedia, Karimunjawa merupakan kepulauan yang berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dan letaknya berada di Laut Jawa.

Dengan pesona wisata taman lautnya bukan hanya digemari o;eh wisatawan mancanegara, bahkan kita..eh kita warga lokal pun pengen kesana. Iya ndak ?

Sebelum kita berkunjung kesana, baiknya kit abaca dulu beberapa fakta tentang informasi yang ada di Kepulauan Karimunjawa.

Lets check this out !

1.Luas Karimunjawa

Ada yang tahu luas dari Kepulauan Karimunjawa ini ? kalau belum tahu, admin kasih bocorannya.

Untuk luas daerah daratan yang dimiliki Kepulauan Karimunjawa ini adalah kurang lebih 1.500 hektare. Sedangkan untuk wilayah laut atau perairannya luanya mencapai kurang lebih 110.000 hektare.

2.Nama dari Karimunjawa itu Sendiri

Untuk fakta yang satu ini boleh diadu dah sama penduduk yang ada di daerah Karimunjawa atau bias ditanyakan ke pihak pengelola Kepulauan ini.

Berdasarkan legenda yang ada disana, bahwa asal mula nama Karimunjawa ini adalah “ kremun-kremun “ yang berarti pandangan kabur.

Mengapa bias begitu ? namanya juga lidah orang jawa agar memudahkan panggilan dari pulau ini maka dipanggilah dari panggilan “ kremun-kremun “ menjadi Karimun yang terletak di Pulau Jawa dan jadilah Karimunjawa.

3.Karimunjawa memiliki 3 Suku

Dengan keanekaragaman yang ada di Indonesia, 3 suku ini pun tinggal di Kepulauan ini, yaitu suku jawa yang mayoritas sebagai petani dan memproduksi alat-alat rumah tangga, suku bugis yang mayoritas sebagai nelayan dan yang terahir suku Madura sebagai nelayan juga akan tetapi lebih condong ke pembuatan ikan kering.

4.Kepulauan Karimunjawa ditemukan oleh Seorang Sunan

Siapakah Sunan tersebut ? Oke mari kita simak lebih lanjut.

Sunan yang menemukan Kepulauan Karimunjawa adalah Sunan Muria. Dan beliaulah yang memberi nama Karimunjawa tersebut karena melihat dari kejauhan pulau tersebut terlihat samar-samar ( kabur ).

5.Transportasi ke Karimunjawa

Sudah kenyang menbaca fakta awal dari Karimunjawa yuk lanjut piknik kesana saja.

Untuk trasnportasi ke Karimunjawa umumnya menggunakan kapal dari Semarang atau juga bias dari Jepara gaes.

Buat kalian yang datang dari Semarang kalian bisa langsung ke Pelabuhan Tanjung Emas, kalau lebih dekat dari Jepara kalian bias langsung ke Pelabuhan Pantai Kartini saja biar deket.

Untuk Jalur udara dapat ditempuh dari Bandara Ahmad Yani, Semarang menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan dengan pesawat sewa jenis CASA 212 yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai (Kura-Kura Resort). Waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Ada tambahan lagi buat kalian yang mau membawa motor atau mobil, bisa pakai kapal juga 😀 .

6.Biaya Ke Karimunjawa

Sekarang sudah tidak repot-repot lagi kalau mau liburan kemana saja, bahkan ke Karimunjawa.

Sekarang sudah banyak situs-situs online yang menyediakan jasa travel untuk bisa sampai kesana. Tapi untuk kali ini admin mau kasih saran saja karena situs kami ini tidak di endorse oleh situs jasa/travel yang ada di Indonesia.

Becanda, becanda kok biar tidak spaneng bacanya :D.

7.Penangkaran Hiu di Pulau Menjangan Besar

Dari sekian banyak pulau dan taman wisata yang ada di Karimunjawa, kami lebih tertarik untuk ke Pulau Menjangan Besar.

Karena apa ? apa istimewa dari Pulau Menajangan Besar itu ?

Nah disana kalian bisa berenang gaes sama Hiu, tentunya sama hiu yang jinak. Betapa mengerikan bukan ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *