7 Fakta Menarik Tentang Kamera Analog

7 Fakta Menarik Tentang Kamera Analog
Please follow and like us:

Ngomongin soal kamera, kayaknya kurang seru kalau kita juga ga tahu sejarah dari kamera juga.

Dulu sebelum kamera digital menyerang, banyak sekali fotografer dan studio yang masih menggunakan roll film serta kamera SLR analog.

7 Fakta Menarik Tentang Kamera Analog
Kamera jadul via pixabay

Tapi waktu itu kita juga sudah banyak melihat hasil foto dari para fotografer kamera analog tersebut yang hasilnya itu keren kan, nah kali ini sejutafakta.com akan membahas beberapa fakta tentang kamera analog.

1. Kamera analog dapat digunakan tanpa memakai baterai

Salah satu keunggulan kamera analog adalah dapat berjalan tanpa harus memakai baterai. Baterai pada kamera analog hanya digunakan saat menjalankan light meter atau exposure meter.

2. Kamera analog memiliki resolusi yang sangat besar

Berbeda dengan kamera digital maupun dslr saat ini yang masih terbatas dengan resolusi atau jika di zoom lama-lama akan pecah karena terususun oleh piksel yang mebentuk sebuah objek.

Kamera analog ini tidak mengenal istilah resolusi. Jadi bisa dicetak dengan ukuran yang besar jika ada peralatan yang memungkinkan.

3. Tidak ada kata data korup pada kamera analog

Ini juga merupakan salah satu keunggulan kamera analog, yaitu tak ada yang namanya data korup dan hilang.

4. Melatih feeling dan insting anda ketika mengambil gambar

Menurut pendapat penulis , fotografer profesional jaman kamera analog dulu lebih memiliki feeling dan insting yang bagus.

Mereka tak bisa sembarangan asal jepret yang menyebabkan jatah kuota jepretan pada roll terbuang sia-sia tanpa hasil.

Selain itu, mereka juga belum bisa melihat hasilnya sendiri secara langsung saat itu juga.

Jadi hanya bisa memperkirakan sesuai apa yang sudah mereka bayangkan dengan kemampuan teknis yang mereka kuasai. Keren kan?

Kalau jaman sekarang juga lebih dimudakan, selain sudah bisa di preview hasilnya pun masih bisa diolah lagi dengan software sebelum dicetak. Kalau ada yang jelek dan tak sesuai bisa langsung dihapus.

5. Warna yang dihasilkan lebih fullcolor

Salah satu ciri dari kamera analago adalah warna yang dihasilkan sangat mencolok , kalau bahasa kerennya adalah vivid. Hal ini karena film mampu menangkap sinar pada objek secara apa adanya.

6. Tidak ada noise

Memang di kamera analog tidak ada noise seperti kamera digital, karena kamera digital menggunakan sistem piksel, namun pada saat di cetak, hasil foto dari kamera analog ini kalau diamati kadang ada yang bintik-bintik yang disebut grain.

7. Banyak Jenisnya

Kamera analog juga punya banyak jenisnya lho, Dulu yang penulis punya cuma sekedar kamera analog saku, sebenarnya selain itu masih ada jenis kamera SLR dan Rage Finder dkk.

Kalau bawa kamera SLR analog masih berasa keren lho, soalnya bentuknya itu mirip kamera mirrorless jaman sekarang, Bedanya sekarang jepret langsung jadi, kalau dulu jepret, terus berharap hasilnya bagus.

Ada yang mau nambahi? Oh iya, kalau yang pengen liat-liat kamera analog bekas gitu, bisa ke situs Kamera analog antik.

Disana selain bisa beli kamera analog bekas juga bisa sekalian tanya-tanya tentang kamera analog juga lho, cuma penulis pernah juga komentar di postingannya, yang jelas authornya respon banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *