7 Keuntungan Menggunakan Ubuntu

7 Keuntungan Menggunakan Ubuntu
Please follow and like us:

Ubuntu merupakan salah satu distro linux yang saat ini populer digunakan, dan di berbagai perusahaan yang berdiri di Indonesia pun, terutama di dalam bidang IT.

7 Keuntungan Menggunakan Ubuntu
Ubuntu via pixabay

Eits, linux saat ini juga sudah mudah di pakai lho, artinya udah user friendly, bahkan ubuntu sendiri dalam setiap bulan april dan oktober juga selalu update versinya.

Bagi anda yang penasaran dengan distro linux ini, akan penulis tuliskan beberapa keuntungan saat menggunakan Ubuntu di komputer anda.

1. Ubuntu adalah distro open source

Open source di sini artinya kita bebas untuk melihat isi dari kode-kode program yang berjalan di Ubuntu karena bersifat terbuka.

Terlebih lagi anda tidak terlalu pusing karena kita bisa mengunduh filenya di situs resmi secara cuma-cuma, walaupun untuk mendapat dukungan yang lebih memang ada biaya sendiri.

Tapi bagi anda yang suka belajar, tentu saja google bisa menjadi sala satu alternatif jika kurang familiar dengan penggunakan distro ini.

2. Untuk menginstall aplikasi Di Ubuntu tidak terlalu ribet

Ga paham cara install aplikasi lewat terminal?

Tenang saja, di ubuntu software center anda bebas memilih aplikasi yang anda butuhkan dan untuk menginstallnya tinggal klik install , autentifikasi, dan tunggu sampai selesai.

Jadi sudah sangat mudah. Jika ada aplikasi iluar itupun yang kompatibel dengan linux, anda juga bisa menginstallnya tanpa harus masuk terminal.

Kecuali kebanyakan aplikasi untuk developer biasanya banyak yang memakai terminal.

Jika dirasa harus menginstall lewat terminal , tentu saja dari pihak penyedia appnya memberikan petunjuk cara menginstalnya, jadi tidak terlalu menyulitkan.

3. Bebas rombak tampilan GUI

Nah di dalam ubuntu tampilan GUI banyak banget, kalau penulis sangat suka dengan GNOME karena dirasa lebih ringan, selain itu anda bisa membuat ubuntu anda jadi lebih interaktif dengan compiz.

4. Ubuntu Lebih aman dari virus

Disini penulis katakan lebih aman karena bukan berarti ubuntu itu tidak bisa terkena virus lho, hanya saja memang jarang saya melihat kasus virus menyerang linux, tapi tidak menutup kemungkinan hal itu bisa terjadi.

Tapi tenang , ubuntu juga punya antivirus, anda bisa mencoba Clamav atau avast untuk ubuntu.

5. Bebas dari yang namanya bajakan dan mengurangi dosa di sektor IT

Saya yakin masih banyak yang menggunakan OS bajakan, ubuntu sendiri selain os nya open source, banyak program yang terinstal juga demikian.

Jadi anda bisa menggunakannya tanpa harus melakukan perbuatan tidak di inginkan ;v.

Tapi tak semua aplikasi di ubuntu gratisan lho, artinya ada juga aplikasi yang bisa anda dapatkan dengan mebayar beberapa dollar.

6. Malas dengan tampilan Ubuntu? anda bisa bikin sendiri distro turunan

Ini adalah salah satu keuntungannya, anda bisa membuat distro turunan sesusai dengan kebutuhan, enta mau dibikin untuk kantor, pribadi, maupun distro untuk di bagikan lagi untuk umum.

7. Banyaknya dukungan komunitas ubuntu

Tak hanya ubuntu, di indonesia sendiri banyak forum dan group untuk membahas soal ubuntu.

Biasanya jika anda menemukan group untuk membahas tentang open source pasti banyak yang bisa ubuntu juga, atau langusng ke group khusus untuk membahas distro ubuntu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *