9 Tipe Blogger Versi Sejuta Fakta, Kamu Nomor Berapa?

9 Tipe Blogger Versi Sejuta Fakta, Kamu Nomor Berapa?
Please follow and like us:

Halo, setelah sekian lama mendalami dunia perbloggingan walaupun belum belum maksimal, ternyata jadiblogger itu asyik juga ya, kita bebas menuangkan tulisan sendiri , ide, dan curhatan di media untuk blog.

9 Tipe Blogger Versi Sejuta Fakta, Kamu Nomor Berapa?
via pixabay

Jadi blogger itu mesti banyak baca, iya, harus baca biar bisa main kata-kata atau dapat ide artikel yang akan dipostikan memang perlu adanya info yang kita cari.

Dan berikut ini adalah beberapa tiper blogger yang sering penulis temui baik dari isi blog maupun secara langsung.

1. Blogger Tukang tembak Keyword

Salah satu tetangga saya dulu merupakan blogger type ini, dia adalah tukang tembak keyword, keren sih.

Dan pastinya untuk menjadi seorang penembak keyword bertujuan agar artikel tampil di page one number one search engine, harus banyak percobaan .

Biasanya sering nemu blogger tukang tembak keyword ini yang sering ikutan kontes SEO.

Tapi ga buruk kok jadi tukang tembak keyword, jika dibarengi artikel yang bener-bener berbobot dan bukan cuma artikel yang isinya cuma keyword aja yang bisa saja bikin berantakan kalau ga pinter nyusun katanya.

2. Blogger tukang nyepam

Blogger spam ini entah pakai bot atau engga, yang jelas banyak juga yang sering blogwalking pakai link blognya.

Komentarnya kadang ga nyambung dan biasanya nawarin jasa yang absurd seperti perjudian, togel , dan lainnya yang sifatnya cuma buat promosi aja sih.

3. Blogger copas (Copy-Paste)

Awal penulis nulis blog juga jadi tukang copas , cuma yang di copas itu lirik lagu, lha kalau ga copas gimana biar jadi unik artikelnya? wkwkwkwkwk.

Salah satu blogger yang sangat penulis benci, apalagi main copas dan ga ngasih link sumber referensinya, copas full pula, bukan murni kata-katanya.

Dan yang bikin absurd lagi, pernah ada teman yang kena komplain blogger lain alasannya dia copas kontennya.

Padahal dia yang ngopas full dari artikel yang murni tanpa asal copas oleh temen saya. Kadang bikin jengkel ya. Take down apa report kelar tuh blogger copas.

4. Blogger labil dan ga fokus

Sebenarnya penulis juga masih sering jadi blogger labil, jadi ga konsisten sama kontenya. Kadang update, entah beberapa bulan ga update dan milih ganti tema atau bikin tema baru.

Nah ini sebenarnya kendala terbesarnya cuma 1, kurang fokus. Atau malah ga ada koneksi internet?

5. Blogger sesat

Kalau tipe blogger ini adalah seseorang yang mungkin ngeblog hanya sekedar money oriented atau lihat screenshot orang ngeblog dapat 1 milyar contohnya, dia termotivasi buat gitu juga.

Tapi yang namanya ngeblog itu ga ada yang instan (gatau kalau yang sering main ilegal seperti blackhat seo atau AGC) . Pokoknya buat menghasilkan pendapatan itu ga semudah yang dibayangkan.

Cuma si blogger sesaat ini karena tujuan money oriented ya ga bakal lama bertahan kalau ga ada hasil, karena pada dasarnya seorang blogger itu mesti ada passion buat nulis apa yang mereka ingin tuliskan danĀ  bagikan.

Dan berharap bermanfaat bagi orang lain, minimal merasa terhibur atau sependapat , atau malah jadi bentrok?

6. Blogger konsisten

Yang punya jam terbang tinggi di dunia blogging aja mungkin kadang juga ga konsisten, tapi mereka sudah berpengalaman dalam membuat artikel.

Jadi 1 artikel pun kadang bisa sampai banyak sekali komentar yang berdatangan karena memang berkualitas.

Blogger tipe konsisten ini dia fokus kepada tema yang dibawakan dan artikelnya masih nyambung dengan tema pembahasannya, dan juga rajin update.

7. Blogger sesat

Blogger sesat menurut penulis masih ada kaitannya dengan blogger copas.

Maksudnya dia ga paham atau cara penyampaiannya kurang bisa dimengerti pembaca sehingga membuat pembaca semakin sesat dan tak menemukan solusi.

Contohnya blog tentang komputer, salah satu blog yang membahas tentang masalah komputer beserta problem solvingnya.

Kadang banyak sekali yang cuma asal kopas tanpa paham isinya atau belum pernah eksperimen langsung.

Dan tipe blogger ini juga bikin emosi, karena mereka jarang sekali menanggapi misalnya ada orang yang berkomentar bahwa artikelnya itu ada yang salah atau tidak work.

Malah bikin tambah rusak waktu ngejalanin cara penyelesaian masalah dari salah satu artikelnya.

Ya mau bales gimana, bisa aja bloggernya cuma asal copas tanpa bener-bener paham atau eksperimen sendiri. Masih banyak di indonesia blogger yang sering menyesatkan gini.

8. Blogger Idealis

Salah satu blogger yang benar-benar berjalan atas keyakinannnya sendiri, dan mereka semua memang punya jalan sendiri serta berani melawan arus perbloggingan yang cuma itu-itu aja.

Biasanya sih blogger-blogger seperti ini banyak kita jumpai dengan gaya tulisan yang dia banget.

Yang jelas bukan cuma blogger yang asal copas, dan kebanyakan artikelnya adalah murni dari pemikiran mereka dengan sudut pandang mereka sendiri.

Kadang ada yang bisa diterima juga sih, tapi kalau pembahasan mereka udah nyangkut masalah politik dan SARA, penulis kurang menyukai blogger tipe ini.

9. Blogger tukang adu domba serta penyebar kebencian

Ini memang ada di situs-situs yang sudah tentu bahasnya sesuai dengan mereka, jadi pastinya blogger tipe ini adalah blogger yang keras kepala serta bikin runyam.

Karena apa yang mereka tulis biasanya hanya menimbulkan kontroversi, adu domba, perselisihan antar agama ras dan lainnya.

Pokoknya tipe blogger seperti ini harusnya anda jauhin, karena mereka bisa saja bermain kata mendoktrin anda agar bertindak sesuai apa yang mereka mau melalui apa yang anda baca.

Semacam memberi sugesti atau pengaruh yang meyakinkan :v, hati-hati, lebih baik anda jauhi blog blog adu domba dan pandangan mereka secara sepihak tanpa menerima kritikan orang lain.

Dan semua artikelnya tidak ada yang mengajak pembacanya menuju kedalam kebaikan. Karena selain tidak ada manfaatnya, kalau anda sudah ikut terpengaruh isi dari artikelnya bisa berbahaya.

Kalau kamu termasuk yang mana gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *