Kenali 5 bahaya mematikan Skip Challenge sebelum kalian ikut-ikutan mencobanya!

Bahaya mematikan Skip Challenge
Please follow and like us:

Skip Challenge adalah sebuah tantangan yang sedang viral di media sosial dimana kita diminta untuk menerima tekanan pada dada kita selama beberapa waktu.

Cara bermainnya adalah dengan meminta teman untuk menekan dada kita kuat-kuat selama beberapa waktu sampai terasa lemas bahkan sampai pingsan.

Tidak ada aturan bagaimana cara menekannya dan berapa orang yang harus menekan. Ada yang ditekan dengan tangan, diinjak, hingga diduduki. Entah itu oleh satu orang ataupun ramai-ramai.

Konon tujuan dari tantangan ini adalah untuk merasakan sensasi high saat suplai oksigen ke otak berkurang akibat dadanya ditekan sekeras mungkin.

Di luar negeri, tantangan ini lebih dikenal dengan nama Choking Game atau fainting game. Menurut catatan wikipedia, sejak tahun 1995 – 2007 telah terjadi setidaknya 82 kematian remaja di Amerika Serikat akibat tantangan ini.

Kini di era internet, tantangan yang sangat berbahaya tersebut muncul lagi dan dengan sekejap menjadi viral di dunia maya.

Bahkan menurut catatan Tribunnews, pada 2016 diperkirakan sekitar 250-1000 anak remaja meninggal di Amerika Serikat karena tantangan maut ini.

Namun ketahuilah, Skip Challenge tidak akan membuatmu merasakan sensasi high tanpa mengkonsumsi narkoba, tetapi malah bisa membahayakan nyawamu.

Inilah 5 hal yang bisa dan akan terjadi pada tubuhmu saat melakukan skip challenge:

1. Saat dada di tekan kuat-kuat, aliran udara ke paru-paru menjadi terhambat. Namun detak jantung tetap bekerja sebagaimana mestinya.

Hal ini mengakibatkan tubuh kita mengalami hipoksia yaitu kondisi kurangnya pasokan oksigen bagi tubuh untuk menjalankan fungsi normalnya.

2. Jika mengalami Hipoksia, organ yang pertama terkena dampaknya adalah otak

Kekurangan oksigen di bagian otak menyebabkan penurunan kesadaran hingga kejang. Jika hipoksia otak terjadi lebih dari 4 menit maka dapat menyebaban kerusakan otak secara permanen.

3. Yang terjadi pada tubuh saat melakukan Skip Challenge sama dengan terkena serangan jantung

Menurut Dr. Flynn yang terjadi pada otak saat skip challenge, mirip dengan kondisi saat seseorang tenggelam, tersedak atau mengalami serangan jantung.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan hipoksia yang memicu kejang hingga kematian.

4. Saat dada di tekan keras-keras, pembuluh darah besar yang ada di balik dada pun ikut tertekan.

Tidak hanya pasokan oksigen ke otak saja yang akan berkurang saat dada kalian ditekan kuat-kuat hingga beberapa menit.

Namun pasukan darah ke otak dan beberapa bagian tubuh yang lain juga akan terhambat. Hal ini bisa berakibat fatal bagi otak maupun bagi organ tubuh yang lain.

5. Jika dadamu ditekan sekuat tenaga, tulang rusukmu juga terancam patah.

Jika kalian waras, kalian pas sadar kalau tantangan Ski Challenge itu seperti pernyataan “Bully-lah aku sampai pingsan! Kalau perlu sampai mati.”

Apa bedanya saat dadamu ditekan teman-temanmu dengan murid IPDN yang dibullly seniornya? Dua-duanya sama bisa patah tulang rusuknya atau mati karena hipoksia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *