5 Browser Jadul Hp Java yang Bikin Kangen

5 Browser Jadul Hp Java yang Bikin Kangen
Please follow and like us:

Selamat pagi, untuk berselancar di internet, tentu saja kalian harus menggunakan sebuah browser kan.

Nah mungkin beberapa browser yang terkenal di smartphone saat ini tidak terlalu berbeda jauh dengan yang digunakan pada perangkat komputer.

5 Browser Jadul Hp Java yang Bikin Kangen
Via Pixabay

Tapi dulu itu di jaman ponsel masih berbasis aplikasi java, banyak sekali browser yang bisa kita gunakan lho. Berikut ini browser jadul yang sedikit dikenal waktu jamab ponsel berbasis java.

1. Browser bawaan handphone

Tanpa sebuah aplikasi pihak ketiga, kita yang memiliki ponsel berbasis java biasanya sudah bisa menikmati layana internet dengan browser bawaan.

Walaupun tampilannya waktu itu hanya sedderhana, tapi browser bawaan ini bisa kita gunakan untuk mengunduh aplikasi lain yang belum terinstal lho.

Hanya saja penulis dulu jarang menggunakan browser bawaan ponsel, hanya waktu kepepet saja. Untuk aplikasi browser biasanya langsung meminta teman yang punya file mentahnya.

2. Opera Mini

Mungkin bisa dibilang ini adalah salah satu browser java favorit, selain kita bisa mengatur tampilan, bisa juga mengatur agar tidak terlalu mekakan banyak pulsa.

Dan ini salah satu browser yang bisa dibilang irit untuk internetan jika hanya sekedar untuk mencari informasi.

Terlebih lagi itur untuk menyimpan halaman yang bisa kita buka tanpa harus terhubung ke internet membuat opera mini ini seakan wajib ter-instal di ponsel java.

Penulis sering menggunakan aplikasi ini untuk mencari artikel yang selanjutnya di save page dulu untuk dibaca kemudian.

3. UC web/ UC browser

Ini juga salah satu browser yang cepat dan tampilannya lumayan bagus. Hanya saja dulu bahasa pertama yang digunakan adalah china, tapi seingat penulis kita bisa mengaturnya menjadi bahasa inggris agar lebih maksud.

Kalau sekarang mungkin pada kenalnya UC browser kan.

4. Tea shark

Tampilan browser ini hampir mirip opera mini, dari menu dan lainnya seperti tidak ada bedanya, hanya namanya saja yang berbeda. Penulis juga pernah mencoba browser ini , karena beberapa teman memakainya.

Tapi setelah mencobanya kurang begitu cocok karena untuk meload page kadang belum bisa menyesuaikan tampilan mobile serta dirasa sangat lambat dalam loading page. Entah dulu mungkin belum diatur dulu.

5. Bolt

Ini juga ada temen yang dulu memakainya, tapi hanya beberapa orang . Waktu tanya apa keunggulannya, katanya dia lumayan enteng .

Waktu penulis coba memang browser ini lumayan enteng. Tapi sudah terlanjur cinta sama operamini, jadi hanya sekedar install setelah itu hapus lagi. hihi.

Untuk firefox dulu jaman penulis masi memiliki ponsel java, sepertinya lebih digunakan di ponsel pintar atau PDA phone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *