7 Fakta Bahwa Belajar Biola Itu Susah !

fakta belajar biola itu susah
Please follow and like us:
fakta belajar biola itu susah
Belajar biola itu susah

Biola merupakan salah satu alat musik yang memiliki bunyi unik dan sangat menusuk, bisa terdengar lembut maupun kasar tergantung lagu yang dimainkan.

Tidak sembarang orang bisa bermain biola, karena dibutuhkan latihan keras dan konsisten walau mungkin di awal latihan , gesekan akan terdengar seperti bunyi pintu yang sudah lama tidak pernah dibuka.

Berikut ini merupakan fakta bahwa belajar biola itu susah!!!

1. Cara memegang biola tidak sembarangan

Ini adalah langkah awal yang harus anda kuasai saat latihan biola, ya, menopangnya. Memegang biola tidak sembarangan, jadi juga ada tekniknya, jika benar mungkin akan terasa lebih nyaman.

Agar anda tidak salah dalam meletakan biola anda bisa tanya pada teman yang bisa biola atau komunitasnya, bisa juga lihat di youtube.

2. Memegang Bow/Busur juga ada caranya sendiri

kalau ini , penulis pernah lihat beberapa macam cara memegang bow, dan ternyata memang ada caranya bukan main genggam trus langsung gesekin begitu saja.

Baru sampai sini sudah ribet kan? Masih kuat lanjut? ayo!

3. Latihan Menggesek Bow ke Senar biola tak semudah lihat orang yang bermain di youtube

Kenyataannya memang demikian, untuk menggesek saja ternyata juga butuh latihan, apalagi teknik dari gesekan ini ada banyak sekali .

Mungkin di awal banyak tutorial yang mengajari cara menggesek full bow dan secara open string, dan itu memang awal yang baik.

Sampai sini sudah bisa atau sudah nyerah? Kalau masih gemeteran geseknya, istirahat dulu, mungkin kamu kurang tenang.

4. Biola itu fretless, terus gimana cara cari nada dan kuncinya?

Memang kebanyakan alat gesek seperti biola itu fretless atau tidak menggunakan fret seperti gitar pada umumnya. Walau begitu, nada yang dihasikan saat ita menyentuk senar di posisi tertentu juga beda.

Sebenarnya yang membedakannya hanyalah fretlessnya, jadi untuk mengasah ketepatan kita dalam memilih nadanya adalah hal yang paling menantang di biola.

Awal latihan pasti akan banyak falsnya maupun kurang tepat(penulis juga masih sering salah) Tapi lama-lama jika kamu terbiasa dengan letak dan suara nadanya, pasti akan terasa lebih mudah.

5. Bisa nyetem gitar? Hati-hati , dalam hal ini biola sangat sensitif

Jangan bandingkan anda menyetem gitar dengan biola itu hal yang sama, jika anda melakukannya , saya yakin senar yang paling rapuh (biasanya di senar E) bisa putus.

Untuk menyetem biola, kamu perlu berhati-hati bergantian dalam memutar tuning pegnya. Dan yang harus diperhatikan lagi, sedikit sekali putaran, nada dari senar sudah bisa berubah jauh.

Jadi hal ini harus di perhatikan. Kan ga lucu, kamu mau latihan biola tapi biolanya fals dan kamu bingung gimana cara stemnya.

Untuk awal gunakan bantuan aplikasi tuner yang banyak di internet, atau bisa pakai patokan piano dll yang nadanya sudah diatur dengan benar.

6. Gesek ngawur bunyinya kasar dan di komplain tetangga karena berisik

Saya sarankan, yang rumahnya di daerah padat penduduk antara tetangga satu dan lainnya, kalau mau latihan misal takut menganggu tetangga bisa cari tempat yang sepi atau gabung komunitas biola.

Kadang kalau bunyi gesekanmu masih terdengar tidak enak, bisa saja tetanggamu komplain kerena merasa terganggu atau berisik.

7. Biolamu juga butuh perawatan yang kadang juga tidak murah jika biolamu itu harganya mahal

Agar suara dan kualitas biolamu tetap baik, kamu juga harus bisa merawatnya. Mengganti senar, membersihkan debu bekas rosin dan juga menyimpannya secara baik .

Apalagi jika biolamu harganya mahal, sudah tentu harus di jaga baik-baik. Ada yang mau menambahkan kesusahan belajar bila yang lainnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *