8 Fakta unik tentang Burkini, baju renang untuk muslimah

Burkini yang dipakai muslimah penjaga pantai Sydney
Please follow and like us:

Meskipun sudah berenang di kolam renang khusus wanita, tetapi membuka aurat di depan orang banyak tetap menjadi satu masalah bagi muslimah. Atas alasan itulah, Burkini terlahir.

Burkini atau Burqini merupakan jenis pakaian renang baru yang sengaja didesain untuk para muslimah. Meski sempat menjadi kontroversi tetapi berkat baju renang ini juga muslimah dapat berenang tanpa harus membuka aurat mereka.

Sejuta Fakta berhasil mengumpulkan beberapa fakta tentang burkini yang pastinya sangat sayang sekali jika kalian lewatkan.

Ini dia.

1. Burkini diperkenalkan oleh muslimah Australia

Burqini pertama kali diperkenalkan oleh seorang muslimah Australia bernama Aheda Zanetti pada awal tahun 2000-an.

Menurut informasi dari washingtonpost, Zanetti mendapatkan inspirasi untuk membuat burkini setelah melihat keponakannya bermain netball mengenakan pakaian yang mirip hijab tradisional.

2. Burkini sebenarnya adalah merk dagang, bukan jenis baju renang

Burkini sebenarnya bukan jenis baju renang, melainkan merk dagang baju renang muslimah.

Merk dagang “Burqini” dan “burkini” terdaftar sebagai merk dagang dari “Ahiida” yaitu perusahaan fashion yang dimiliki oleh penciptan baju renang muslimah ini yaitu Aheda Zanetti.

Namun karena Burqini merupakan baju renang muslimah yang pertama, maka orang-orang terlanjur menyebut semua baju renang muslimah sebagai Burkini.

3. Dibanned di Perancis

Sambutan internasional terhadap Burqini sangat beragam baik dari negara muslim maupun non muslim. Namun yang paling getol melakukan “penolakan” adalah Perancis.

Semakin hari, semakin banyak pemerintah daerah di Perancis yang mengeluarkan Perda pelarangan penggunaan Burqini di tempat umum.

4. Penjualannya justru meningkat setelah dibanned

Dikutip dari Reuters, penolakan keras pemerintah Perancis terhadap burqini diakui Zanetti justru meningkatkan permintaan pasar akan burkini. Ajaib kan?

5. Burkini banyak dipakai oleh non muslim

Dikutip dari wikipedia, sebanyak 40% pembeli burqini adalah wanita non-muslim termasuk wanita Yahudi dan Nasrani. Bahkan ada laki-laki yang juga memesaannya.

Diakui Zanetti, kebanyakan dari pemesannya tersebut adalah mereka yang memiliki masalah dengan kulitnya.

6. Menjadi seragam resmi penjaga pantai Australia

Salah satu bentuk reaksi Australia dari banned burkini yang dilakukan oleh Perancis yang dinilai sebagai tindakan non-toleransi adalah dengan menjadikan burqini menjadi seragam resmi penjaga pantai wanita mereka.

Pada tahun 2007 Zanetti mendesign langsung burqini yang dikenakan oleh muslimah penjaga pantai di pantai Sydney dengan berwarna dominan kuning dan merah.

7. Salah satu merk lokal yang menjual burkini adalah Lasona

Menurut informasi dari Lazada, Lasona merupakan salah satu merk perlengkapan olahraga wanita terbaik yang ada di negeri ini.

Berminat beli burkini bikinan Lasona, tetapi bingung dimana belinya?
Nggak usah bingung! Cek aja di MatahariMall.com

8. Burkini justru populer di Israel

Berdasarkan catatan wikipedia yang mengambil sumber berita tahun 2012, burqini justru mendapatkan popularitasnya di Israel.

Pakaian renang tersebut tidak hanya dipakai oleh muslimah yang ada di sana, melainkan juga oleh penganut Yahudi-Haredi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *