13 Fakta Hello Kitty. Benarkah semengerikan yang blogger Indonesia ceritakan?

fakta Hello Kitty
Please follow and like us:

Hello Kitty merupakan salah satu karakter kartun paling populer di dunia. Uniknya karakter kartun yang satu ini bukanlah karakter yang muncul dari film animasi seperti Mickey Mouse atau Doraemon.

Hello Kitty didesain oleh Yuko Shimizu pada tahun 1974 sebagai sebuah ikon produk dari perusahaan aksesoris asal Jepang, Sanrio. Dua tahun setelahnya, Yuko Shimizu keluar dari perusahaan tersebut untuk menikah.

Dari sini kita sudah bisa tahu kalau Hello Kitty diciptakan oleh seorang gadis yang masih single. Namun entah darimana sumbernya, beberapa blog Indonesia menuliskan cerita Horor tentang asal usul Hello Kitty.

Dalam cerita HOAX yang tidak jelas asal usulnya tersebut disebutkan bahwa Hello Kitty diciptakan oleh seorang ibu yang anaknya menderita kanker mulut dan kemudian melakukan perjanjian dengan iblis agar anaknya bisa sembuh.

Disebutkan bahwa dalam perjanjian tersebut iblis akan menyembuhkan anaknya asalkan si ibu membuat sebuah boneka untuk pemujaan yang kemudian kita kenal sebagai boneka Hello Kitty.

Agar kalian tidak terjerumus ke limbah kenistaan yang lebih dalam lagi karena cerita-cerita HOAX semacam itu, Sejuta Fakta akan membuka nalar kalian dengan beberapa fakta menarik tentang Hello Kitty, yang pastinya NO HOAX!

Check it out!

1. Nama asli Hello Kitty adalah Kitty White

Nama tersebut tidak didapatnya langsung dari sang penciptanya. Menurut info dari The Frisky, di tahun-tahun pertamanya, Hello Kitty bahkan tidak mempunyai nama.

Karakter ini hanya dikenal sebagai “kucing putih yang tidak bernama.”

2. Ukuran asli tubuhnya adalah setinggi 5 apel yang ditumpuk

Sementara berat badannya setara dengan 3 buah apel.

3. Meskipun Sanrio adalah perusahaan asal Jepang, tetapi dikisahkan bahwa Hello Kitty lahir di London

Alasan kenapa Hello Kitty lahir di London adalah karena pada tahun 1970-an saat Kitty diciptakan, banyak orang Jepang yang pergi ke Inggris.

Menurut BBC, pada saat itu banyak orang Jepang menganggap Inggris merupakan tempat yang ideal untuk anak kecil. Oleh karenanya biografi Hello Kitty dibuat seolah-olah dia lahir dan hidup di Inggris. Tepatnya di pinggiran kota London.

4. Hello Kitty bukanlah kucing

Informasi ini sempat menjadi kontroversi karena banyak orang yang menganggap bahwa Kitty adalah karakter kucing betina.

Namun Sanrio menjelaskan bahwa Kitty bukanlah seekor kucing. Dia adalah seorang gadis kecil. Hanya saja wujudnya berbeda dari kita.

Sanrio menyebutkan kalau Kitty itu seperti karakter Mickey Mouse. Bukan karakter manusia, tetapi bukan pula karakter binatang. Hanya saja penampilannya dibuat menyerupai binatang.

5. Karena Kitty bukanlah seekor kucing, dia pun punya peliharaan seekor kucing

Nama kucing peliharaannya adalah Charmmy Kitty. Wujudnya hampir mirip dengan Hello Kitty. Hanya saja si Charmmy berjalan menggunakan empat kaki.

6. Tanggal lahir Kitty adalah 1 November.

7. Hello Kitty tidak memiliki kisah hidup hingga tahun 1987

Sejak diciptakan pada tahun 1974, Kitty White hanya hadir dalam wujud boneka dan aksesoris. Dia tidak memiliki latar belakang cerita komik apalagi serial animasi.

Baru pada tahun 1987 serial animasi TV pertama Kitty dibuat dengan judul “Hello Kitty’s Furry Tale Theater” yang tayang sebanyak 13 episode.

Pada bulan Maret 2016, Sanrio meluncurkan webkomik untuk Hello Kitty.

8. Hello Kitty punya Cafe sendiri, Taman Hiburan sendiri hingga Pesawat sendiri.

Maskapai penerbangan Taiwan, EVA Air, punya pesawat yang bagian luarnya distiker Hello Kitty. Sementara di China ada taman hiburan bertema Hello Kitty.

Selain itu di Korea Selatan dan Australia juga ada Cafe bertema Hello Kitty juga loh! Dan masih banyak lagi hal-hal yang bertemakan karakter yang satu ini.

9. Hello Kitty tidak punya mulut

Menurut penjelasan dari Sanrio, alasan kenapa Kitty tidak punya mulut adalah untuk menampilkan karakter yang tidak punya emosi.

Sehingga bisa menjadi cerminan emosi dari orang-orang yang melihatnya. Jika orang yang melihatnya sedang sedih maka Kitty bisa terlihat sedih. Jika orang yang melihatnya sedang bahagia, Kitty juga bisa terlihat bahagia.

Alasan lainnya adalah karena Kitty berbicara menggunakan hati. Sebagai duta dari Sanrio untuk seluruh dunia, Kitty tidak terikat dengan Bahasa dari negara manapun.

10. Hello Kitty merupakan duta pariwisata Jepang untuk China dan Hongkong

11. Hello Kitty sudah sampai ke luar angkasa loh!

Pada tahun 2014, sebuah figure Kitty diterbangkan keluar angkasa menggunakan sebuah satelit kecil. Program “nggak guna” ini menghabiskan dana sekitar 40 juta USD.

12. Hello Kitty dipakai sebagai hukuman bagi polisi Thailand yang bandel

Menurut info dari BBC, pada tahun 2007 sebuah hukuman unik diberikan kepada polisi Thailand yang melakukan sebuah kesalahan kecil.

Hukuman tersebut adalah memakai armband berwarna pink dengan gambar Kitty selama seminggu saat berugas. Haha…

13. Keuntungan yang dihasilkan oleh Kitty hampir 1 milyar USD per tahun

Menurut info dari BBC, di tahun 2014 lalu keuntungan yang didapat Sanrio dari penjualan pernak-pernik Hello Kitty mencapai 759 juta USD.

Namun, menurut info dari wikipedia, sang pencipta karakter Kitty justru tidak mendapatkan banyak uang dari ciptaannya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *