10 Fakta Menarik Tentang Juubi Yang Mungkin Tidak Kalian Sadari

Fakta Juubi, Biju ekor Sepuluh
Please follow and like us:

Juubi atau biju ekor sepuluh merupakan perwujudan dari Kaguya Otsutsuki yang menyatu dengan Pohon Chakra yang ingin merebut kembali chakra yang telah diwariskannya kepada kedua anaknya, Hagoromo dan Hamura Otsutsuki.

Hagoromo dan Hamura yang berhasil mengalahkan Juubi kemudian memisahkan Chakra Juubi dari tubuh aslinya.

Chakra Juubi kemudian disegel di dalam tubuh Hagoromo, dan menjadikan Hagoromo sebagai jinchuriki Juubi yang pertama.

Sementara tubuh kosong Juubi disegel di Bulan dan dijaga oleh Hamura dan keturunannya, sebelum akhirnya disummon kembali ke Bumi oleh Madara Uchiha menggunakan kekuatan Rinnegan.

Menjelang kematiannya, Hagoromo membagi chakra Juubi di dalam tubuhnya menjadi sembilan ekor Biju, yang kemudian diperebutkan oleh para shinobi untuk dijadikan senjata berperang.

Untuk lebih mengenal tentang makhluk pembawa bencana ini, kali ini Sejuta Fakta telah merangkum 10 Fakta Menarik tentang Juubi yang mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahuinya.

Check it out!

1. Juubi memiliki lebih dari 5 bentuk perubahan

Dari semua Biju yang ada, Juubi merupakan satu-satunya biju sekaligus biju yang paling banyak memiliki bentuk perubahan.

Selama Perang Dunia Shinobi, setidaknya Juubi sudah berubah bentuk sebanyak 5 kali. Itu belum termasuk wujud bunshin, jinchuriki dan wujud Gedo Mazo.

2. Tomoe pada mata Juubi jumlahnya terus berubah-ubah

Saat pertama kali diperlihatkan dalam wujud siluet, jumlah tomoe pada mata Juubi ada sembilan. Saat pertama kali dibangkitkan dalam Perang Dunia Shinobi, jumlah tomoenya cuma ada enam.

Saat pertama kali muncul dalam anime, mata Juubi berwarna ungu dan tidak memiliki tomoe. Mirip seperti pola mata Rinnegan.

Dan dalam cerita flashback saat melawan Hagoromo dan Hamura, mata Juubi memiliki empat lingkaran tomoe. Dengan asumsi setiap lingkaran memiliki 3 tomoe, maka Juubi memiliki 12 tomoe dalam kasus tersebut.

3. Juubi merupakan biju yang memiliki ciri fisik paling berbeda diantara semua Biju

Kesembilan biju mengambil wujud dengan tema binatang, seperti rubah, gurita banteng, rakun, dll. Namun Juubi tidak mengambil tema binatang apapun.

Malahan beberapa transformasi Juubi justru mengambil wujud tanaman.

Juubi juga merupakan satu-satunya Biju yang tidak memiliki panca indera lengkap. Semua Biju memiliki 2 mata, 2 telinga, hidung dan mulut. Namun Juubi hanya memiliki 1 mata, 1 telinga,  dan 1 mulut.

Selain itu, Juubi juga merupakan satu-satunya biju yang tidak memiliki kesadaran. Menurut Kurama Juubi tidak bisa bertindak atas kemauannya sendiri, dan tidak memiliki emosi.

Juubi juga merupakan satu-satunya Biju yang tidak memiliki nama panggilan, seperti Kurama untuk Kyubi, Shukaku untuk Nibi, atau Son Goku untuk Yonbi.

4. Juubi merupakan biju yang menguasai kekuatan elemen alam paling banyak

Dalam situs naruto.wikia, tercatat Juubi menguasai 9 jenis elemen yaitu elemen api, angin, petir, tanah, air, kayu, yin, yang, dan yin-yang.

Sementara biju lainnya hanya menguasai maksimal 3 elemen.

Ichibi hanya menguasai elemen magnet, angin dan tanah. Nibi hanya menguasai elemen Api. Sanbi hanya menguasai elemen Air dan Yin.

Yonbi hanya menguasai elemen Lava, Api, dan Tanah. Gobi hanya menguasai elemen Air, Api, dan panas mendidih. Rokubi hanya menguasai elemen Air.

Shichibi dan Hachibi tidak memiliki elemen khusus. Sedangkan Kyubi hanya menguasai elemen api dan angin.

5. Kesembilan biju terbentuk dari chakra murni, tetapi Juubi tidak.

Tidak seperti sembilan biju lainnya yang tubuhnya hanya terdiri dari chakra murni, Juubi memiliki tubuh fisik dan chakra.

Tubuh fisik Juubi adalah patung gedo mazo yang disegel di Bulan. Sedangkan chakranya disegel di dalam tubuh Hagoromo.

Menjelang kematiannya, Hagoromo membagi chakra Juubi menjadi sembilan Biju agar Juubi tidak bangkit dan menghancurkan dunia.

6. Juubi tercipta dari keserakahan Kaguya Otsutsuki.

Banyak shinobi percaya jika Juubi terlahir dari Pohon Chakra yang ingin merebut kembali chakra yang telah dicuri oleh Kaguya Otsutsuki.

Hal tersebut tidaklah benar. Pada manga Naruto chapter 681 disebutkan bahwa sebenarnya yang menginkan seluruh chakra yang ada di Bumi adalah Kaguya.

Kaguya ingin agar seluruh chakra yang ada di Bumi dimiliki oleh dirinya seorang.

Oleh karenanya dia menyatukan diri dengan pohon chakra yang kemudian melahirkan Juubi untuk mengambil kembali chakra yang telah diturunkannya kepada kedua anaknya, Hagoromo dan Hamura.

7. Kekuatan yang dimiliki oleh Juubi sama dengan kekuatan mode sage

Pada manga Naruto chapter 610, Kurama mengatakan kalau kekuatan Juubi sama dengan energi yang bersirkulasi di Bumi.

Mengetahui jika kekuatan Juubi adalah energi alam, sama dengan kekuatan mode sage, Naruto kemudian mencoba untuk mengukur skala kekuatannya menggunakan mode sage.

Dan benar saja, kekuatan Juubi tidak bisa diukur, karena kekuatannya sama dengan energi alam yang ada di seluruh Bumi.

8. Wujud Humanoid Juubi hanya memiliki 1 telinga, 1 mata, dan 1 mulut. Hal itu dipercaya terinspirasi dari filosofi “sanbiki no saru” 

“Sanbiki No Saru” atau “Tiga Kera” merupakan sebutan untuk gambar 3 ekor kera yang terdapat di kuil Tōshō-gū di Nikkō, Japan.

Gambar kera yang menutup telinga disebut kikazaru, kera yang menutup mulut disebut iwazaru , dan kera yang menutup mata disebut mizaru.

Konon ketiga gambar kera tersebut artinya “Tidak melihat iblis, tidak mendengar iblis, dan tidak membicarakan iblis.”

9. Juubi merupakan satu-satunya Biju yang memiliki banyak klon.

10. Juubi juga merupakan satu-satunya Biju yang memiliki Kekkai Mora

Juubi memiliki Kekkai Mora yang berupa mata Rinne Sharingan. Selain itu Juubi juga memiliki Kekkai Genkai berupa Pengendalian Elemen Kayu.

Biju lainnya yang memiliki Kekkai Genkai antara lain, Shukaku (Elemen Magnet), Son Goku (Elemen Lava), dan Kokuo (Elemen Panas Mendidih).

Namun hanya Juubi yang memiliki Kekkai Mora.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *