9 Hal tentang Kenbunshoku Haki yang mesti wajib kalian tahu!

fakta kenbunshoku Haki
Please follow and like us:

Di Skypiea kemampuan Kenbunshoku Haki dikenal dengan nama “Mantra.” Secara harafiah “kenbunshoku” bisa diartikan sebagai “warna observasi.”

Orang yang memiliki kemampuan ini dapat merasakan keberadaan orang lain meskipun posisinya tidak memungkinkan untuk melihat posisi orang tersebut karena terhalang sesuatu, berada di titik buta, atau posisinya yang terlalu jauh.

Kemampuan langka ini sangat berguna untuk memprediksi dan menghindari serangan lawan di dalam pertarungan.

Untuk menambah pengetahuan kalian semua tentang Kenbunshoku Haki, kali ini Sejuta Fakta akan menyajikan beberapa fakta tentang Kenbunshoku Haki yang mungkin tidak banyak dari kalian yang menyadarinya.

Check it out!

1. Kenbunshoku Haki tidak hanya dapat merasakan hawa keberadaan, tetapi juga dapat merasakan emosi seseorang

Otohime dan Fujitora merupakan salah satu contohnya. Berkat kemampuan ini Otohime mampu mendengar jeritan suara hati Fisher Tiger.

Berkat kemampuan ini pula Fujitora yang tunanetra dapat merasakan aura penduduk Dressrosa saat di pelabuhan.

Sehingga meskipun para penduduk Dressrosa berteriak-teriak ingin menangkap Luffy, tetapi Fujitora tahu bahwa sebenarnya mereka ingin melindungi Luffy agar tidak tertimpa puing-puing yang dijatuhkannya.

2. Orang yang memiliki jangkauan Kenbunshoku Haki terluas adalah Enel

Dengan memadukan kekuatan mantra dan kemampuan elektromagnetiknya, Enel mampu merasakan keberadaan serta mendengar suara apapun di seluruh Skypiea.

3. Karakter pertama yang memperkenalkan kemampuan ini adalah Satori

Salah satu pendeta anak buah Enel iniĀ  menggunanakan Kenbunshoku Haki ketika melawan Luffy, Sanji, dan Usopp saat pertama kali mereka menjejakkan kaki di Skypiea.

Saat itu Satori memperkenalkan kemampuan Haki Observasi tersebut dengan nama ‘Mantra.’

4. Aisha merupakan satu-satunya penduduk Shandian yang diketahui memiliki kemampuan ini

5. Pertama kali kemampuan ini disebut Haki adalah saat Luffy bertarung melawan Boa Sister.

Kemudian saat bertemu dengan Rayleigh, Luffy diberitahu jika kemampuan “Haki” yang dibicarakan oleh Boa Sister sama dengan kemampuan “mantra” yang digunakan oleh Enel dan para pendetanya.

6. Kenbunshoku Haki juga dapat digunakan untuk mengukur kekuatan lawan.

Rayleigh pernah memperagakan kemampuan ini saat berada di Rusukaina. Dengan menggunakan Kenbunshoku Haki, dirinya bisa memprediksi jika di Pulau tersebut terdapat 500 makhluk yang kekuatannya melebihi Luffy.

7. Saat Kenbunshoku Haki diaktifkan, tidak ada ciri fisik penggunanya yang berubah

Hal ini tentu sangat berbeda dengan Busoshoku Haki yang membuat fisik jadi menghitam, atau Haoshoku Haki yang membuat percikan-percikan energi.

Namun dalam anime special “Heart of Gold” pupil mata Luffy berubah menjadi merah ketika mengaktifkan Kenbunshoku Haki.

8. Kenbun tidak meningkatkan kecepatan maupun kekuatan fisik penggunanya

Kemampuan dasar kenbun hanyalah untuk melakukan observasi, dan sama sekali tidak meningkatkan kekuatan fisik penggunanya.

Meskipun seseorang memiliki kenbunshoku haki yang hebat, jika fisiknya tidak kuat dan tidak bisa bergerak cepat, dirinya cuma bisa tahu jika ada serangan yang akan datang, tetapi tidak punya kemampuan untuk menghindarinya.

Sebagai contohnya, Boa sister tidak dapat menghindari kecepatan Gear Second milik Luffy meskipun bisa memprediksi pergerakannya.

9. Kemampuan Kenbun dapat berevolusi ke arah yang berbeda-beda

Charlotte Katakuri melatih kemampuan Kenbun-nya sehingga bisa melihat sedikit ke masa depan.

Usopp dapat melihat aura seseorang yang lokasinya berada di balik tembok dan posisinya tidak mungkin terlihat bahkan meski memakai teropong.

Sedangkan Enel mampu mendengar seluruh percakapan di Skypiea setelah memadukan Kenbun dengan DF listrik miliknya.

Dari tiga contoh di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa Kenbunshoku Haki dapat berevolusi menjadi kekuatan yang beraneka ragam. Baik itu dilatih ataupun bangkit secara alami.

Oleh karenanya tidak mustahil jika kemampuan mendengar “voice af all things” yang dimiliki oleh Gol D Roger sebenarnya termasuk salah satu evolusi dari Kenbunshoku Haki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *