6 Fakta Kuliah Di Jurusan Teknik Informatika

6 Fakta Kuliah Di Jurusan Teknik Informatika
Please follow and like us:
6 Fakta Kuliah Di Jurusan Teknik Informatika
Via Pixabay

Jurusan Teknik Informatika memang saat ini mungkin banyak peminatnya, alasannya setiap individu itu berbeda.

Tapi sebenarnya Di Jurusan ini itu memang bisa terbagi di banyak bidang, tinggal per individu saja yang akan memilih passion mereka.

Atau malah salah jurusan karena tidak sesuai gambaran yang ada di angan-angan mereka. Beberapa fakta ini akan menjawab pertanyaan anda seputar jurusan Teknik Informatika.

1. Banyak sekali mata kuliah yang berkaitan

Nah disini di dalam mata kuliah yang di tawarkan , berdasarkan pengalaman penulis memang ada kaitannya.

Dari mata kuliah hardaware software, interaksi manusia dan komputer, logika informatika semua masih terdapat keterkaitan.

Kebanyakan memang yang berhubungan dengan teknik Informatika menggunakan sebuah Logika.

Walaupun tidak semuanya karena masih ada mata kuliah konsentrasi lainnya seperti Design yang juga butuh feel dan kreativitas.

2. Pasti akan menghadapi yang namanya bahasa pemrograman

Ya, hal ini pasti sudah banyak yang tahu, di dalam jruusan ini kita akan bertemu dengan yang namanya pemrograman dengan bahasa tertentu.

Pemrograman itu gampang-gampang susah, kalau sudah tahu logikanya, akan terasa lebih mudah.

Tapi kalau ga tahu apa-apa, siapkan diri anda karena akan ada pesan error yang membuat anda muak dengan bahasa alien yang kurang bisa anda ikuti.

3. Di dalam kuliah jurusan ini, kita tidak diajarkan secara menyeluruh

Ini fakta dari yang penulis alami, jadi kebanyakan hanya diberi dasarnya saja, bahkan memang kita wajib cari sendiri pengetahuan yang tidak diajarkan oleh kampus.

Jadi kalau anda hanya mengikuti mata kuliah kampus saja, tentu tidak akan cukup , karena cakupan Jurusan ini juga luas. Apalagi saat ini, dunia IT itu perkembangannya sangat cepat.

4. Teknik Informatika ceweknya lebih sedikit

Nah kalau ini saya tambahkan dari fakta yang saya alami dikelas dan perbandingan dengan kelas lain.

Memang jurusan ini lebih sedikit ceweknya dibandingkan jurusan lain seperti Manajemen Informatika atau sistem informasi. Tapi walaupun demikian tidak segersang waktu STM saya dulu.

5. Tak semua mahasiswa Teknik Informatika Bisa Pemrograman

Bisa disini dalam arti bisa untuk dituangkan dalam dunia kerja dan menjadi profesional.

Karena Fakta yang ada dari banyaknya mahasiswa Teknik Informatika ini yang bisa benar-benar menjadi seorang programmer memang hanya beberapa persen saja.

Sisanya mungkin lebih suka fokus ke desain grafis atau malah salah jurusan.

6. Kebanyakan yang masuk Jurusan Ini punya motivasi yang beragam

Contohnya temen saya, dia memang dari awal masuk sudah termotivasi untuk bisa pemrograman, dan sekarang dia memang jadi programmer di salah satu perusahaan Indonesia.

Tapi ada juga yang ga kuat karena ternyata pemrograman tak seindah yang mereka kira karena mungkin kurang begitu suka atau tidak sesuai espektasi mereka.

Ada juga yang jadi animator yang memang bisa mengambil ke konsentrasi multimedia.

Dulu Penulis ingin masuk Kesini karena pengen bisa bikin game, dan ternyata agak mengecewakan karena materi yang didapat dari kampus tetang game masih sangat minim bahkan malah seperti hanya lewat saja.

Ada juga yang pengen jadi hekel(hacker) wkwkwkwkwkw. Bisa juga sih kalau memang senang dengan networking, keamanan jaringan dan juga bahasa pemrograman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *