7 Fakta Bahwa Menjadi Blogger Itu Tidak Mudah

7 Fakta Bahwa Menjadi Blogger Itu Tidak Mudah
Please follow and like us:
7 Fakta Bahwa Menjadi Blogger Itu Tidak Mudah
via pixabay

Blogger merupakan salah satu profesi yang sering sekali terlihat kurang menjanjikan(memang jika ga terlalu serius).

Namun faktanya banyak juga orang Indonesia yang lumayan sukses dengan ngeblog dengan topik yang mereka minati.

Jika mendengar cerita blogger Indonesia yang sudah meraih kesuksesan memang kita juga bisa merasa termotivasi.

Tapi jika dipikir secara rasional, untuk bisa menjadi seorang profesional di bidang ini juga tidak mudah. Beberapa fakta bahwa menjadi seorang blogger itu tidak mudah:

1. Harus Update artikel secara konsisten

Jika hati sudah niat menjalankan profesi ini, setidaknya harus bisa konsisten dalam melakukan update postingan, agar konten anda semakin kaya dan mempertahankan posisi blog anda pada mesin pencarian.

2. Mencari ide tulisan yang menarik itu tidak mudah!

Kadang ada masanya dimana seorang blogger akan merasa mentok saat ingin menulis, disinilah kita juga harus berpikiran tentang ide postingan yang selanjutnya akan dipublish.

Jadi untuk mencari ide yang menarik itu juga mesti mikir keras, walau kadang malah terlintas ide bagus yang spontan saja lewat.

3. Bertarung dengan yang namanya “MALAS”

Menjadi blogger harus bisa melawan rasa malas.

Jika perasaaan itu timbul , dan anda tidak mengalahkannya, anda akan terbawa arus kemalasan yang membuat blog anda tidak konsisten dan tidak update lagi.

4. Sepi visitor, sepi pembaca, yasudahlah

Membuat blog itu tidak bisa langsung mendapatkan banyak visitor yang nyata maupun mendapat pembaca yang banyak dan setia.

Hal ini pasti bertahap, jadi di dalam keadaan visitor yang sepi , kita harus tetap melakukan yang terbaik untuk blog yang sudah diniatkan.

5. Harus siap menerima komentar dari pembaca

Menjadi blogger tentu saja menerbitkan sebuah tulisannya sendiri(walau yang copas juga banyak).

Terkadang jika blog kita itu sudah lumayan rame, kita bisa melihat respon dari banyak pembaca. Pembaca satu dan lainnya tentu saja beda, pasti ada yang setuju dan tidak.

Jadi jika ada komentar negatif dari orang lain tentang tulisan anda, anda harus bisa menerimanya jika masih menyangkut dari apa yang anda tuliskan.

Jika memang terlalu kelewatan silakan hapus saja atau tidak anda approve, jika masih wajar , mungkin anda harus merespon dengan kalimat yang lebih santai dan tidak emosi.

6. Tulisanmu harus bisa dipertanggung jawabkan

Menjadi blogger harus berani bertanggung jawab atas apa yang ditulis dan diposting di blog anda sendiri.

Semoga saja anda yang membaca tulisan ini bukanlah salah satu penulis berita hoax atau yang hanya bisa menimbulkan kontroversi kurang yang kurang begitu bermanfaat.

7. Perasaan jenuh akan ngeblog pasti ada

Ya, terkadang dalam perbloggingan kita juga bisa merasa jenuh, sebenarnya diprofesi manapun pasti juga memungkinkan adanya sebuah rasa jenuh.

Kalau sudah begini, lebih baik anda matikan komputer dan berhenti sejenak dari segala aktivitas yang berhubungan dengan blogging.

Dan memulai berpikir tentang niat awal anda saat terjun di profesi ini untuk motivasi. Atau mungkin anda perlu piknik juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *