12 Fakta Raja Salman bin Abdulaziz, Raja Arab Saudi yang akan berkunjung ke Indonesia

Raja salman bin abdulaziz al saud
Please follow and like us:

Kedatangan Raja Salman ke Indonesia agaknya menjadi sebuah fenomena luar biasa bagi Indonesia dalam dekade ini. Pasalnya setelah 47 tahun berlalu, Indonesia kembali kedatangan Raja Arab Saudi.

Raja Arab Saudi yang satu ini tidak hanya hadir untuk berkunjung, melainkan juga untuk mengucurkan dana investasi di Indonesia dengan nilai hampir 100 Triliun Rupiah.

Tak mengherankan jika rencana kedatangannya ke Indonesia menjadi berita yang sangat menghebohkan di negeri ini.

Sebenarnya siapa sih Raja Salman? Kenapa pemberitaan terhadapnya begitu heboh akhir-akhir ini?

Sejuta Fakta telah mengumpulkan beberapa fakta tentang Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud yang mungkin dapat mengobati rasa penasaran kalian.

Check it out!

1. Putra ke-25 dari pendiri kerajaan Saudi Arabia

Kerajaan Arab Saudi yang saat ini kita kenal didirikan oleh Raja Abdulaziz Al Saud sekitar tahun 1932. Raja Abdulaziz Al Saud memiliki banyak sekali keturunan. Salah satunya adalah Raja Salman yang saat ini menjadi Raja Arab Saudi.

Menurut info dari Aawsat, Raja Salman yang lahir pada tanggal 31 Desember 1935 merupakan putra ke-25 dari Raja Abdulaziz Al Saud.

2. Menjadi Gubernur Riyadh selama 48 tahun

Sebelum diangkat menjadi Raja Arab Saudi, Raja Salman pernah beberapa kali menduduki posisi penting di dalam pemerintahan.

Namun jabatan yang paling fenomenal adalah jabatannya sebagai Gubernur Riyadh. Menurut catatan dari wikipedia, beliau menjabat sebagai Gubernur Riyadh selama 48 tahun yang dimulai dari tahun 1936 hingga 2011.

3. Raja Salman merupakan seorang Hafidz

Menurut catatan NMisr, Raja Salman sudah mampu menghafal Al Quran saat usianya baru 10 tahun.

4. Pernah meninggalkan Presiden Amerika Serikat di Istana untuk menjalankan Sholat Ashar

Menurut catatan Sindonews, beliau pernah meninggalkan Presiden Barack Obama dan isterinya yang tengah berkunjung ke istananya ketika mendengar suara adzan, untuk segera melaksanakan sholat Ashar berjamaah.

5. Merupakan 1 dari ‘Sudeiri Seven’

Suderi Seven merupakan sebutan untuk 7 anak laki-laki Raja Abdulaziz Al Saud dari istri kesayangannya Hussa bint Ahmad Sudeiri.

Konon 7 orang ini adalah orang-orang yang paling berpengaruh di dalam keluarga kerajaan Saudi Arabia.

6. Merupakan salah satu Pemimpin Negara terkaya di dunia

Menurut catatan wikipedia, total kekayaan Raja Salman pada tahun 2016 adalah sekitar 17 milyar dolar Amerika.

Hal ini menjadikannya sebagai salah satu Raja atau Pemimpin Negara terkaya di dunia. Meskipun total kekayaannya masih berada dibawah Raja Thailand dan Raja Brunei Darussalam.

7. Mediator ulung dalam keluarga kerajaan

Keluarga kerajaan Arab Saudi setidaknya memiliki 4000 orang pangeran. Dengan jumlah yang sebanyak itu, tentu bukan suatu yang aneh jika terjadi perselisihan antar pangeran.

Salah satu sosok yang paling berpengaruh dalam mengatasi setiap perselisihan di dalam keluarga kerajaan adalah Raja Salman.

Beliau jugalah yang punya wewenang untuk menentukan pangeran mana yang akan diberinya jabatan.

8. Sangat royal dan dermawan

Seperti dilaporkan oleh banyak situs online baik dalam maupun luar negeri, beberapa waktu setelah dirinya diangkat menjadi Raja Arab Saudi, beliau memberikan bonus sebesar 2 kali gaji untuk seluruh pegawai pemerintahan termasuk tentara, pensiunan, dan siswa sekolah Pemerintahan.

Wikipedia mencatat, Pemerintah Saudi Arabia mengucurkan dana hingga lebih dari 32 milyar dolar untuk program bonus pegawai, investasi air dan listrik, hingga dana untuk klub olahraga tersebut.

9. Melakukan Tawaaf di Mekah tanpa pengamanan ekstra

Menurut info yang kami dapat dari Muslim World Journal, saat statusnya masih sebagai “Putra Mahkota” beliau melakukan tawaaf di Mekah tanpa pengamanan ekstra.

Bahkan beliau terlihat membaur dengan para jamaah lainnya, seperti rakyat biasa.

10. Beliau punya akun Twitter

Akun twitternya adalah @kingsalman. Saat artikel ini ditulis, akun tersebut sudah memiliki 5.93 juta Follower.

11. Sering berlibur membawa ribuan kerabatnya

Rencana kedatangannya ke Indonesia tidak hanya untuk menandatangani kontrak kerjasama. Namun terdapat juga agenda khusus untuk berlibur ke Pulau Bali.

Itulah kenapa Raja Salman akan berkunjung ke Indonesia dengan membawa 1500 orang dalam rombongannya.

Liburan super massal ini bukanlah kali pertama yang dilakukan oleh Raja Salman. Beberapa waktu lalu, beliau juga sempat menyewa 3 Pulau di Maldive untuk liburan bersama ribuan keluarga kerajaan.

12. Mendapatkan Gelar Doktor HC dari universitas ternama Madinah dan Mesir

Sebelum menjadi Raja Arab Saudi, pada 29 Maret 2011 Raja Salman mendapatkan gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Islam Madinah.

Selain itu, di bulan April 2016 Raja Salman juga dianugerahi gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Al-Azhar Kairo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *