7 Fakta unik tentang resleting yang pasti kalian belum tahu

fakta tentang resleting
Please follow and like us:

Resleting atau ritsleting atau resliting merupakan komponen yang sangat penting pada pakaian. Entah itu celana, baju, jaket, atau yang lainnya.

Meski terlihat sepele, resleting menyimpan banyak fakta unik yang pasti tidak banyak yang tahu. Iyalah, orang kita blog bahasa Indonesia pertama yang membahas fakta-fakta tentang resleting. Ciyeee..

Dan berikut adalah beberapa fakta tentang resliting versi Sejuta Fakta:

1. Hak Paten Resleting tercatat atas nama Gideon Sundback pada tahun 1913

Sebelum tahun 1913 sebenarnya sudah ada beberapa inventor yang membuat prototype resleting. Namun banyak yang tidak berfungsi dengan baik atau tidak diterima pasar.

Salah satunya adalah Whitcomb L. Judson. Dia mematenkan penemuan resletingnya yang disebut “clasp locker” pada tanggal 29 Agustus 1893. Namun penemuannya ini kurang bisa digunakan.

Berdasarkan data dari ideafinder, design resleting yang saat ini banyak digunakan adalah design resliting yang dibuat oleh karyawannya Judson yang bernama Gideon Sundback.

Gideon Sundback mematenkan penemuannya tersebut pada tanggal 29 April 1913 dengan nama Zipper. Nah dipakailah nama tersebut sampai sekarang.

2. Perusahaan Ritsleting terbesar di dunia adalah YKK

Menurut data dari Marketplace, YKK menguasai 46% pasar ritsleting di seluruh dunia. Perusahaan resliting terbesar di dunia ini memiliki pabrik di lebih dari 70 negara di dunia. Termasuk salah satunya di Cibitung, Bekasi.

YKK merupakan singkatan dari Yoshida Kōgyō Kabushiki gaisha yang artinya kurang lebih “Yoshida Manufacturing Corporation.

3. YKK memproduksi lebih dari 7,2 milyar Ritsleting setiap tahunnya

Menurut data Forbes, pada tahun 2003 YKK telah memproduksi sebanyak 7,2 milyar ritsleting segala model.

Jika dihitung dari kenaikan jumlah penduduk dan kenaikan kebutuhan pakaian, kemungkinan besar saat ini YKK memproduksi lebih dari 7,2 milyar ritsleting per tahunnya.

4. Resliting yang diproduksi YKK setiap tahunnya bisa mengelilingi bumi 50 kali

Diperkirakan setiap tahunnya YKK memproduksi Resliting yang jika disambungkan panjangnya mencapai 1,2 juta mil.

Dengan Resliting sepanjang itu, cukup untuk melilit planet Bumi hingga 50 putaran.

5. Ritsleting yang dipakai pada baju astronot-nya Neil Armstrong adalah YKK

Menurut Buku High Performance Company, ritsleting yang digunakan pada baju astronot yang dipakai oleh Neil Armstrong pergi ke Bulan adalah buatan YKK. What?? Baru tahu kan? ^_^

6. Resliting sangat berbahaya bagi pria

Mungkin resliting kelihatannya hanyalah benda remeh. Namun menurut data NBC News, setiap tahunnya tidak kurang dari 1.700 pria masuk UGD terkait cedera karena resleting.

Bagian mananya yang terkena resleting? Haha, you know lah! ^_^

7. Shampoo bisa dipakai untuk mengatasi resleting yang macet

Dengan menge-crot-kan Shampoo di permukaan resliting yang macet, dapat menjadi pelicin yang memuluskan laju gesekan si resleting. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *