12 Fakta Mengagumkan Tas Hermes, Merk tas termahal di dunia

tas Hermes Birkin
Please follow and like us:

Tas Hermes merupakan salah satu merk tas impor ternama di dunia asal negara Perancis. Keanggunan tas super mahal ini sudah bertahan hingga beberapa dekade dan masih digandrungi wanita kelas atas di penjuru dunia.

Tidak mudah untuk mendapatkan tas Hermes yang asli. Selain harganya yang gila-gilaan, tas ini juga cuma bisa didapat di store-store resmi yang jumlahnya hanya beberapa biji saja dalam satu negara.

Nah, pada kesempatan kali ini Sejuta Fakta akan mengungkap beberapa fakta tentang tas Hermes yang mungkin kalian belum tahu.

Karena belum mampu membelinya, paling tidak tahu dulu lah fakta-fakta seputarnya. He…

1. Rumah produksi Hermes awalnya adalah rumah produksi baju perang

Rumah produksi hermes sudah ada sejak tahun 1837. Pendirinya adalah Thierry Hermès.

Namun saat itu mereka belum memproduksi tas kulit, melainkan memproduksi baju zirah dan beberapa aksesoris perang lainnya untuk digunakan kaum bangsawan di Eropa.

Tas kulit Hermes pertama kali diperkenalkan pada tahun 1922 saat “pabrik Hermes” jatuh pada generasi ke-3, Émile-Maurice.

2. Hermes merupakan pemilik paten resliting di Perancis

Pada tahun 1914 untuk pertama kalinya Émile-Maurice menggunakan resliting dalam pembuatan aksesoris dan pakaian di Perancis.

Sejak saat itu juga Hermes menjadi pemilik paten resliting di Perancis.

3. Tas Hermes mulai populer tahun 1950-an berkat Grace Kelly

Pada tahun 1956 beredar foto Grace Kelly (aktris Amerika yang menjadi putri kerajaan Monaco) menenteng tas hermes Sac à dépêches untuk menutupi kehamilannya.

Nama Hermes pun melambung berkatnya. Dan tas dari kulit buaya yang ditenteng oleh Grace Kelly tersebut kemudian dikenal luas sebagai “Kelly Bag” yang kemudian diadopsi oleh Hermes sebagai salah satu merk tas-nya.

4. Dalam sebulan hanya memproduksi sekitar 15 tas saja

Menurut informasi dari Business Insider, semua tas hermes dibuat secara handmade. Oleh karenanya jumlah produksi tas mereka sangatlah terbatas.

Dalam sebulan mereka hanya mampu menghasilkan sekitar 15 handbag saja. Pantesan harganya super mahal ya!?

5. Hermes Birkin, tas Hermes paling populer, langka… dan mahal

Hermes Birkin merupakan salah satu merk tas Hermes yang mengadopsi nama artis asal Inggris Jane Birkin. Kini merk tas Hermes Birkin merupakan salah satu yang paling populer dari deretan tas Hermes.

Hanya ada satu toko online di dunia ini dimana anda bisa mendapatkan tas Hermes Birkin yang asli yaitu di portero.com. (pada saat artikel ini ditulis, 2016)

6. Untuk beli saja harus lewat daftar tunggu sampai 6 tahun

Karena kemampuan produksinya yang sangat terbatas sementara permintaan konsumen terhadap Hermes Birkin sangat luar biasa, tidak mengherankan jika untuk mendapatkannya saja harus sampai ikut daftar tunggu.

Dikutip dari nymag.com, daftar tunggu untuk pembelian tas Hermes Birkin tercatat sebagai salah satu daftar tunggu pembelian barang mewah terlama di dunia, yaitu sampai 6 tahun.

Padahal harganya sangatlah mahal, tetapi kenapa pembelinya bisa antri begitu ya?

Konon Hermes Birkin ini harganya terus meningkat dari tahun ke tahun. Sehingga tas ini juga bisa dipakai untuk berinvestasi.

7. Merk barang mewah pertama yang punya website e-commerse

Di era internet saat ini hampir semua toko atau merk dagang terkenal memiliki toko online mereka masing-masing.

Namun tahukah kalian bahwa Hermes merupakan merk dagang barang mewah pertama yang memiliki website e-commerse atau toko online?

Hermes sudah meluncurkan website-nya pada tahun 2001 lalu.

8. Box oranye Hermes yang sangat ikonik awalnya dibuat karena kekurangan bahan

Menurut info dari Town and Country Mag, aslinya box Hermes berwarna krem dengan tepian berwarna emas.

Namun setalah Perang Dunia II, mereka kekurangan bahan tersebut dan membuat box lain berwarna oranye yang ternyata malah menjadi sangat ikonik hingga sekarang.

9. Semua pengrajin tas Hermes membawa alat-alat mereka sendiri

Dikutip dari liputan6.com, semua pengrajin tas Hermes membawa dan menggunakan peralatan mereka masing-masing saat bekerja.

Mereka tidak menggunakan peralatan yang disediakan oleh perusahaan. (atau mungkin memang perusahaan tidak menyediakannya karena pengrajin hanya mau menggunakan peralatan pribadi)

Cari tas cantik dengan harga terjangkau?
cek di MatahariMall.com aja!

10. Warna biru, warna yang paling banyak dipakai Hermes 

Menurut data dari BBC, sejak pertama kali dibuat hermes sudah menggunakan 25 jenis warna biru pada tas produksi mereka, seperti biru jeans, biru roi, biru turkish dll

Hal ini menjadikan warna biru sebagai warna dasar yang paling banyak digunakan oleh Hermes pada tas-tas mereka.

11. Jane Birkin pernah meminta Hermes berhenti menggunakan namanya pada tahun 2015

Pada tahun 2015, Jane Birkin menulis sebuah surat terbuka untuk Hermes agar berhenti menggunakan namanya untuk produk mereka.

Hal ini dipicu oleh isu yang menyebutkan bahwa Hermes membiayai peternakan buaya di Texas yang melakukan pengulitan dengan kejam sebagai bahan tas kulit mereka.

Menurut informasi dari wikipedia,  Hermes terbukti tidak ada kaitannya dengan peternakan buaya tersebut dan telah mengkonfirmasi bahwa hubungan bisnisnya dengan Jane Birkin sudah kembali seperti semula.

12. Jane Birkin hanya punya sedikit tas Hermes Birkin

Meski namanya digunakan dalam produk, dan Hermes Birkin merupakan tas yang suaaangat populer, tetapi ternyata Jane Birkin hanya punya tidak lebih dari 5 tas Hermes Birkin loh!

Jane mengaku terbiasa menggunakan tas hingga rusak sebelum membeli yang baru. Dan saat Hermes Birkin-nya rusak, dia akan melelangnya. Kemudian uangnya disumbangkan untuk amal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *