7 Fakta Unik Leg ke-2 Indonesia vs Vietnam Piala AFF 2016

fakta unik Indonesia vs Vietnam
Please follow and like us:

Pertandingan Semifinal Piala AFF 2016 Leg ke-2 antara Indonesia vs Vietnam yang berlangsung di Hanoi akhirnya ditutup dengan skor imbang 2 -2.

Hasil ini membuat Indonesia maju ke babak Final Piala AFF 2016 karena menang agregat 4-3 setelah sebelumnya menang 2-1 pada leg pertama.

Pertandingan Indonesia vs Vietnam memang baru saja berakhir. Namun ada beberapa fakta unik yang tidak bisa dilupakan begitu saja.

Berikut adalah beberapa fakta unik pertandingan leg ke-2 Indonesia vs Vietnam Piala AFF 2016 yang berhasil tim Sejuta Fakta temukan.

1. Hanya ada satu tendangan pojok dalam waktu normal.

Selama 90 menit waktu normal, Indonesia hanya mendapatkan 1 kali tendangan pojok. Tepatnya di pertengahan babak ke-2.

2. 10 Pemain lebih berbahaya dibandingkan 11 Pemain

Indonesia berada di atas angin saat Stefano Lilypali mencetak gol di menit ke-55. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Skuad Garuda semakin berada di atas angin saat Kiper Vietnam mendapatkan kartu merah karena protes yang berlebihan di menit ke-76.

Namun seperti membangunkan raksasa tidur. Dengan 10 pemain tersisa, Vietnam justru menggempur Indonesia habis-habisan.

Hanya dalam waktu15 menit tersisa + 5 menit tambahan waktu, Vietnam mampu menyarangkan 2 gol dan embalikkan keadaan menjadi 2-1.

Karena agregat menjadi 3-3, maka pertandingan dilanjutkan dengan 2 x babak perpanjangan waktu.

3. Pemain bek Vietnam harus menjadi Kiper.

Diusirnya penjaga gawang Vietnam, Tran Nguyen Manh, dari lapangan oleh wasit membawa petaka tersendiri bagi skuad Vietnam.

Kondisi mereka yang sudah menghabiskan jatah pergantian pemain memaksa mereka untuk menjadikan salah satu pemain mereka menjadi kiper pengganti.

Pilihan jatuh kepada Bek mereka, Que Ngoc Hai.

4. Harus mencetak gol dengan pemain depan yang sudah diganti semua

Indonesia bermain dengan skema 4-2-3-1 dengan Boaz Salosa menjadi Striker tunggal didukung Andik vermansyah, Stefano Lilypali dan Rizky Pora.

Setelah Indonesia unggul 0-1 berkat Gol Stefano Lilypali, Indonesia mulai memfokuskan diri pada pertahanan. Terlihat dari ditariknya Boaz dan diganti Ferdinand Sinaga.

Setelah itu Stefano Lilypali ditarik dan Andik Vermansyah pun ditarik. Tanpa diduga Vietnam justru bisa membalik keadaan hanya dengan 10 pemain.

Alhasil Indonesia harus bermain dengan semua pemain depan yang sudah diganti di babak tambahan waktu.

5. Penalti yang dibatalkan

Pada menit ke-103, wasit Fu Ming dari China sempat meniup peluit tanda hukuman penalti bagi Vietnam setelah Rizky Pora dilanggar oleh 2 pemain Vietnam di dalam kotak penalti.

Namun hukuman tersebut dibatalkan karena suatu alasan nggak jelas.

6. Dua menit terakhir, gawang Vietnam kosong

Sekitar dua menit terakhir babak perpanjangan waktu yang kedua, kiper Vietnam ikut maju ke area pertahanan Indonesia untuk ikut membantu serang.

Total Football versi Vietnam ini terpaksa dijalankan karena Vietnam harus mencetak 2 gol untuk dapat melaju ke babak Final AFF 2016.

Namun sayang, usaha ekstrim tersebut tidak membuahkan hasil. Meski Indonesia juga tidak mampu memanfaatkan peluang tersebut untuk melakukan serangan balik mematikan.

7. Serangan 7 hari 7 malam

Ada gimmick unik yang baru kali ini saya dengar dari seorang komentator sepakbola Indonesia “serangan 7 hari 7 malam.”

Jangankan pemirsa TV, teman komentatornya sendiri juga terdengar tertawa saat sang komentator mengucapkan Vietnam melakukan serangan 7 hari 7 malam. haha…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *