Ingin belajar sepatu roda? Baca dulu 10 fakta unik sepatu roda berikut ini!

Fakta Sepatu Roda
Please follow and like us:

Bermain sepatu roda merupakan salah satu hobi yang sangat digemari oleh anak-anak di kota-kota besar. Alasannya tentu saja karena jalanannya sudah aspal halus.

Di Indonesia, sepatu roda begitu populer sekitar tahun 90-an saat cerita “Olga dan Sepatu Roda” karya Hilman Hariwijaya diangkat ke layar lebar dan dibintangi oleh Desy Ratnasari dan almarhum Nike Ardilla.

Nah pada kesempatan kali ini Sejuta Fakta akan mengupas beberapa fakta unik seputar sepatu roda yang pastinya salang sekali jika dilewatkan.

1. Terinspirasi dari sepatu Ice Skating

Berdasarkan informasi dari qubicle.co.id, sepatu roda pertama sebenarnya adalah sepatu luncur es yang pisau bagian bawahnya dilepas dan diganti dengan roda.

2. Penemu Sepatu roda adalah John Joseph Merlin.

penemu sepatu roda, John Joseph Merlin
online-skating.com

Sepatu roda kuno pertama kali terlihat digunakan pada tahun 1743 dalam sebuah pertunjukan di kota London. Pencipta dari sepatu beroda tersebut masih belum diketahui sampai sekarang.

Baru pada tahun 1760, sepatu roda yang sedikit lebih modern berhasil diciptakan oleh seorang inventor bernama John Joseph Merlin. Orang inilah yang kemudian dianggap sebagai bapaknya sepatu roda.

3. Desain sepatu roda pertama yang dipatenkan ada di Perancis

Design sepatu roda yang telah dipatenkan untuk pertama kalinya di dunia adalah design karya M. Petitbled pada tahun 1819 di Perancis.

Konon desainnya tersebut mirip sekali dengan inline skate saat ini. Hanya saja cuma bisa bergerak lurus dan sangat susah untuk dipakai bermanuver.

4. Sepatu roda pertama kali diperkenalkan dalam sebuah pesta dan berakhir dengan menabrak cermin

Lagi-lagi berdasarkan info dari qubicle.co.id, konon Merlyn pertama kali memperkenalkan sepatu roda temuannya dalam sebuah pesta.

Dia menggunakan sepatu roda tersebut sambil bermain biola. Karena tidak bisa mengerem, akhirnya “atraksinya” tersebut berakhir dengan Merlyn menabrak sebuah cermin.

5. Sepatu roda beroda 4 baru ditemukan pada pertengahan abad ke-19

Hampir 100 tahun sejak Merlyn memperkenalkan sepatu rodanya, pada tahun 1863 di Massacushets, Amerika, James Plimpton memperkenalkan sebuah sepatu roda beroda 4 seperti mobil.

Pingin bermain sepatu Roda, tetapi tidak tahu belinya dimana?
Beli aja di MatahariMall.com.

Design sepatu roda ini lebih stabil dibandingkan design-design sebelumnya. Tak heran jika sepatu roda yang disebut “quad skate” ini merajai industri sepatu roda selama 1 abad terakhir, dan masih digunakan sampai sekarang.

6. Pernikahan menggunakan sepatu roda pertama dalam sejarah terjadi tahun 1912

Pernikahan antara Miss Hattie Baldwin dan Mr. W. McGrath pada tahun 1912 tercatat di dalam sejarah sebagai pernikahan pertama dimana kedua mempelainya menggunakan sepatu roda.

7. Parade sepatu roda terbesar di dunia pernah diadakan di Paris

Tercatat dalam Guinness World Records, parade sepatu roda terbesar di dunia terjadi pada tanggal 15 Juni 2008 di kota Paris.

Parade ini diikuti oleh setidaknya 1188 partisipan dan menempuh jarak sejauh 12, 68 mil.

8. Sepatu Roda juga memiliki museum nasional loh!

Museum Nasional Sepatu Roda
dailyherald.com

Museum nasional sepatu roda tersebut berada di Lincoln, Nebraska, Amerika Serikat.

Di tempat ini kalian dapat menemukan berbagai macam koleksi sepatu roda dari jaman dahulu, berbagai literatus sejarah, buku dan video yang berhubungan dengan sepatu roda.

9. Hanya ada satu sepatu roda bertenaga mesin di dunia ini

Sepatu Roda mesin karya Antonio Pirello
online-skating.com

Pada tahun 1956 Antonio Pirello menciptakan sebuah sepatu roda unik yang menggunakan tenaga mesin untuk menggerakkannya yang disebut “jet skates.”

Mesin tersebut digendong di punggung dan menggunakan semacam kopling untuk mengendalikan laju sepatu rodanya.

Meski terlihat seperti sebuah terobosan yang sangat canggih, tetapi prototype sepatu roda ini tidak pernah dikomersilkan sampai sekarang.

Sementara satu-satunya prototype Jet Skates kini hanya bersemayam di National Museum of Roller Skating, Lincoln, Nebraska.

10. Seorang kakek asal Jogja melakukan perjalanan ke Jakarta menggunakan Sepatu roda

Mbh Supri sepatu roda
Foto: Ant/Hendra Nurdiansyah / jogjapos.com

Pada tahun 2016 ini, media di Indonesia sempat heboh membahas seorang kakek asal Yogyakarta yang memutuskan untuk pergi ke Jakarta menggunakan sepatu roda.

Kakek yang dipanggil Mbah Supri tersebut melakukan hal itu untuk mengikuti upacara bendera 17 Agustus di Istana Negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *