Rekor Mengagumkan Wayne Rooney. Dari 9 rekor hanya 2 yang sudah terpecahkan

fakta dan rekor Wayne Rooney
Please follow and like us:

Wayne Rooney akhir-akhir ini memang jarang sekali dimainkan sebagai starter dalam squad Manchester United besutan Jose Mourinho.

Namun sekali dimainkan dia akan mampu mengubah ritme permainan tim Setan Merah menjadi lebih efisien.

Pantas rasanya jika pemain berkebangsaan Inggris yang pernah berseteru dengan Cristiano Ronaldo dalam Piala Dunia 2006 ini masuk jajaran top level player.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa fakta tentang Wayne Rooney yang tidak banyak orang ketahui.

Check it out!

1. Gol pertama Wayne Rooney mematahkan rekor tak terkalahkan Arsenal

Wayne Rooney yang saat itu baru memulai debutnya di Premiere League bersama Everton menyumbang satu gol sakral saat timnya bertemu Arsenal.

Gol yang dicetak dengan tendangan dari luar kotak penalti tersebut menjadi sakral karena telah mengakhiri rekor 30 pertandingan beruntun tak terkalahkannya Arsenal.

2. Pencetak Gol Termuda Premiere League

Gol indah yang membawa Everton menang 2-1 dari Arsenal tersebut juga telah menisbahkan Rooney sebagai pencetak gol termuda di Premiere League pada masanya.

Saat mencetak gol spektakuler tersebut usia Rooney baru 16 tahun 355 hari. Namun rekornya tersebut kini sudah terpecahkan.

Saat ini Rooney menduduki posisi ke-3 sebagai pencetak gol termuda di Liga Inggris dibawah James Vaughan (16 tahun 267 hari), dan James Milner (16 tahun 352 hari).

 3. Pencetak hat-trick termuda di Liga Champions.

Pada tanggal 28 September 2004,  Rooney yang sudah berseragam Manchester Merah, mencetak hat-trick saat timnya mengalahkan wakil Turki, Fenerbahce,  dalam gelaran Liga Champions.

Pada saat itu usia Rooney baru 18 tahun, 135 hari. Hal tersebut menjadikan Rooney sebagai pemain termuda No. 2 yang pernah mencetak hat-trick di Liga Champion Eropa, dibawah Raul Gonzales (saat artikel ini ditulis).

4. Pencetak Goal terbanyak di pentas Eropa bagi MU

Gol nya ke gawang Feyenord kemaren mengokohkan Rooney sebagai pemain Manchester United yang mencetak gol paling banyak sepanjang masa di pentas Eropa.

Rekor golnya untuk Manchester United sudah melebihi 38 golnya Van Nistelrooy untuk Red Devil di kancah Eropa.

5. Pencetak gol termuda Timnas Inggris

Rooney sempat menjadi pemain termuda di Timnas Inggris sebelum rekornya dipecahkan oleh Theo Walcott.

Namun rekornya sebagai pencetak gol termuda untuk timnas Inggris masih belum terpecahkan hingga artikel ini ditulis.

6. Pencetak gol terbanyak Timnas Inggris

Sampai 27 Juni 2016, Wayne Rooney tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Timnas Inggris dengan koleksi 53 gol, 4 gol lebih banyak dari Sir Bobby Carlton.

Rooney juga tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Timnas Inggris di kompetisi resmi dengan koleksi 37 gol-nya.

7. Pencetak Gol terbanyak Liga Inggris untuk 1 klub

Selama berseragam Manchester United Wayne Rooney telah menyarangkan sebanyak 179 gol di Liga Inggris (saat artkel ini ditulis).

Saat ini usianya baru 30 tahunan dan dia masih berseragam MU, jadi bukan mustahil dia masih akan terus memperbesar rekornya tersebut dalam waktu dekat.

8. Pencetak gol tandang terbanyak Liga Inggris

Saat artikel ini ditulis, Rooney sudah mencetak 87 gol tandang selama berkarir di Liga Inggris (Everton dan Manchester United).

Rekor gol tandang tersebut sudah menyamai jumlah gol tandang milik Alan Shearer di Premier League.

Karena Rooney masih termasuk pemain yang aktif di Manchester United, bukan mustahil dalam musim ini, dia akan menjadi pencetak gol tandang terbanyak Liga Inggris sepanjang masa.

9. Paling produktif di Bulan Agustus

Menurut catatan dari supersoccer.co.id, Rooney paling produktif mencetak gol di Bulan Agustus.

Hinggai Mei 2014, Rooney telah menyarangkan 29 gol di bulan ke-8 tersebut. Lebih banyak dibandingkan total gol di bulan-bulan lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *