Selain Surabaya, setidaknya 7 kota di Indonesia mengalami fenomena hujan es dalam 3 tahun terakhir

Fenomena Hujan es di Indonesia
Please follow and like us:

Sore ini (7 Maret 2017) dilaporkan terjadi hujan es di Surabaya disertai angin kencang yang menyebabkan puluhan pohon tumbang.

Wilayah yang paling parah terkena dampak hujan es dan angin kencang di Surabaya antara lain di Jl. Ahmad Yani, Jl. Jemursari, Jl. Raya Prapen, Jl. Raya Ngagel dan Bundaran Waru arah Sidoarjo.

Sebelum hujan es terjadi di Surabaya, beberapa wilayah di Indonesia berikut ini sudah terlebih dulu mengalami fenomena hujan aneh tersebut.

Wilayah mana sajakah itu? Berikut adalah rekam jejak hujan es yang pernah terjadi di Indonesia versi Sejuta Fakta:

1. Hujan es di Yogyakarta (2017)

Pada hari kamis tanggal 5 Januari 2017, terjadi hujan es di Jl. Jatimulyo RT 43/23 Kel. Kricak, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

Menurut Koordinator Pos Klimatologi dan Geofisika BMKG Yogyakarta,  Joko Budiono, kemunculan awan comulonimbus dengan suhu mencapai di bawah 0º Celcius menjadi penyebab terjadinya fenomena tidak biasa tersebut.

Hujan es juga terjadi di wilayah Sleman dan Magelang pada tanggal 25 Januari 2016.

2. Angin puting beliung disertai hujan es terjadi di Sumatera Selatan (2016)

Angin puting beliung disertai hujan es terjadi di Kampung Bangun, Desa Bamasco, Kec. Tuah Negeri, Kab. Musi Rawas, pada hari Kamis, 15 September 2016 sekitar pukul 5 sore waktu setempat.

Meski hanya berlangsung sekitar 5 menitan, tetapi puting beliung disertai hujan es tersebut sudah merusak setidaknya 66 bangunan rumah dan sekolah. Belum lagi puluhan pohon tumbang dikarenakannya.

Sebelumnya, puting beliung dan hujan es juga pernah terjadi di Desa Bumi Makmur, SP 1B, Kecamatan Nibung, Kabupaten Muratara pada Rabu, 14 September 2016.

Dua rumah dan satu sekolah negeri mengalami kerusakan parah akibat peristiwa tersebut.

3. Hujan es di Cimahi (2016)

Sabtu 26 Maret 2016 menjadi hari yang menegangkan bagi penduduk RT 6 RW 7 Kampung Tangkil, Kel. Cigugur Tengah, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Pasalnya hujan yang turun di daerah mereka berbeda dari biasanya. Butiran hujan yang jatuh dari langit berukuran lebih besar, dan berbentuk padat seperti es batu.

4. Hujan Es sebesar kelereng terjadi di Bogor (2015)

Setelah sebelumnya mengalami masalah kekeringan, beberapa wilayah di Bogor mengalami fenomena hujan es di tahun 2015 lalu.

Hujan es terjadi di Kel. Bubulak, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor, pada hari Jumat, 31 Juli 2015 sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu hujan deras yang turun disertai angin kencang dan petir.

Pada waktu yang hampir bersamaan, hujan es juga terjadi di Kel. Sindangrasa, Kec. Bogor Timur, Bogor. Salah satu warga mengaku wilayahnya dihujani es sebesar kelereng.

5. Hujan Es di Papua (2015)

Pada bulan Juli 2015, hujan es melanda 3 kampung di Distrik Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua. Hujan es yang terjadi di wilayah tersebut berlangsung selama beberapa hari.

Hujan es yang terjadi di wilayah dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut tersebut menyebabkan gagalnya hasil kebun dan matinya ternak warga. Akibatnya, ribuan orang terancam kelaparan.

6. Hujan es di Bandung (2015)

Pada bulan April 2015, dilaporkan terjadi beberapa kali hujan es di wilayah kota Bandung, Jawa Barat.

7. Hujan Es di Jakarta (2014)

Pada tanggal 22 April 2014, terjadi hujan es di beberapa wilayah Jakarta seperti Kebayoran, Kebun Jeruk, Karawaci dan wilayah lainnya.

Tak ayal fenomena tidak biasa tersebut menjadi salah satu trending topik di twitter pada hari itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *