Pernah nonton 3 idiots? Kalian pasti juga akan suka dengan 7 Film Aamir Khan berikut ini!

Taare Zameen Par
Please follow and like us:

Dijuluki sebagai sang perfeksionis, Aamir Khan memang selektif betul soal film-film yang akan dimainkannya.

Mungkin jumlah film yang dibintanginya tidaklah sebanyak Shah Rukh Khan. Namun kualitas filmnya banyak yang lebih bagus dari filmnya sang Raja Bollywood tersebut.

Saking selektifnya dalam memilih film, Aamir Khan bahkan sampai menolak tawaran main bareng Jackie Chen demi totalitasnya dalam sebuah film Bollywood yang sedang digarapnya.

Aamir Khan juga bukan artis yang matre. Prinsipnya adalah baru dibayar setelah film yang dibintanginya sukses dipasaran.

Tak mengherankan jika puluhan film yang dibintangi aktor yang usianya sudah lebih dari 50 tahun tersebut menjadi film terlaris di tahun penayangannya.

Dan berikut ini adalah 7 judul film yang sangat luar biasa yang dibintangi oleh Aamir Khan yang pasti akan membuat emosi anda terkoyak-koyak tidak karuan saat menontonnya.

1. Peekay / PK

Peekay, salah satu film terbaik yang dibintangi oleh Aamir KhanAamir Khan berperan sebagai alien yang datang untuk meneliti kehidupan di Bumi. Setelah mendarat di salah satu wilayah di India, remote kontrol pemanggil kapal luar angkasanya dicuri orang.

Petualangannya dalam menemukan remote kontrolnya tersebut pun dimulai. Hingga akhirnya dirinya bingung, heran, dan penasaran dengan konsep Tuhan yang ada di Bumi yang tidak pernah dikenal di Planetnya.

Demi mendapatkan remote-nya kembali, Aamir Khan berpetualang memeluk satu agama ke agama yang lain. Mengikuti ritual keagamaan yang berbeda-beda dengan harapan salah satu Tuhan dari agama tersebut akan mengembalikan remote kontrolnya.

Film ini seolah menampar kebudayaan beragama di India yang bukannya mempermudah umatnya, melainkan justru mempersulit umat dengan ritual-ritual yang tidak masuk akal dan materialistis.

Meskipun demikian, film ini diracik dengan sudut pandang yang tidak menggurui. Justru dikemas dengan sindiran yang kocak dan menggelitik.

Sangat rugi jika kalian belum pernah menontonnya.

Peekay merupakan film India pertama yang mampu menghasilkan 100 juta USD setelah diputar di seluruh dunia.

2. 3 idiots

film 3 idiotsJika Peekay mengkritik kehidupan beragama di India yang tidak masuk diakal, 3 idiots mengkritik sistem pendidikan di India yang justru cenderung menghambat kreatifitas.

Aamir Khan berperan sebagai seorang pemuda yang begitu tertarik dengan ilmu pengetahuan. Terutama tentang elektronik dan mesin. Namun dia sangat tidak suka dengan metode-metode pengajaran yang ada di sekolah-sekolah.

Dengan caranya sendiri, Aamir Khan mencoba untuk membukakan mata teman-teman kuliahnya serta para dosen bahwa sistem pengajaran yang mereka lakukan adalah salah.

Film ini juga tak kalah kocak dan mengharukan dibandingkan dengan Peekay. Pesan moral yang disampaikannya juga dalem banget.

3. Taare Zameen Par

Taare Zameen ParJika dalam 3 idiots Aamir Khan berperan sebagai murid yang jenius tetapi slengekan, di film ini dia justru menjadi seorang guru yang memiliki murid yang istimewa.

Aamir Khan berperan sebagai seorang guru seni yang memiliki murid berumur 8 tahun yang sangat benci sekolah karena gagal dalam semua ujian dan dianggap sebagai murid idiot.

Ternyata anak tersebut tidaklah sebodoh yang orang lain pikirkan. Dia hanya menderita disleksia yang membuat semua tulisan yang dilihatnya seolah beterbangan tak teratur sehingga sulit untuk membacanya.

Aamir kan yang akhirnya berhasil mengetahui kondisi tersebut berusaha menemukan cara untuk mengajari anak tersebut dengan metode pengajaran khusus untuk anak disleksia.

Hingga akhirnya dia pun menemukan bahwa anak tersebut memiliki bakat yang luar biasa dibidang seni melukis.

4. Rang De Basanti

Rang De BasantiFilm yang pertama kali ditayangkan pada tahun 2006 ini berkisah tentang 5 orang pemuda yang berjuang melawan korupsi di negaranya.

Setelah salah satu dari mereka membunuh ayahnya sendiri karena diketahui sebagai seorang koruptor, kelima pemuda tersebut bertekad untuk membongkar korupsi yang dilakukan oleh Menteri Pertahanan.

Mereka pun melakukan tindakan berani dengan membajak stasiun radio India untuk menyiarkan ke seluruh penjuru negeri tentang tindak korupsi yang dilakukan oleh Menteri Pertahanan.

Namun, bukannya membuat sang menteri malu dan mengundurkan diri, kelima pemuda tersebut malah dicap sebagai teroris dan patut untuk ditembak di tempat.

5. Ghajini

GhajiniAamir Khan berperan sebagai seseorang yang menderita anterograde amnesia yang bertekad untuk membalas dendam kematian kekasihnya.

Karena penyakitnya tersebut membuatnya lupa ingatan setiap 15 menit sekali, dirinya mengabadikan berbagai kejadian dalam foto, diari, dan tattoo di tubuhnya.

Film ini adalah film terlaris India sepanjang masa sejak tahun 2008, sebelum rekornya dipecahkan oleh 3 idiots pada tahun 2009 yang juga dibintangi oleh Aamir Khan.

6. Lagaan

LagaanSebuah desa di India mengalami masa yang sangat sulit karena pajak yang sangat tinggi yang diterapkan oleh pemerintahan kolonial Inggris.

Untuk dapat menghapus pajak,  Aamir Khan dan para pemuda di desanya harus menerima tantangan pemerintah kolonial Inggris di wilayah tersebut dalam permainan kriket.

Seperti yang kita tahu, saat ini Kriket adalah salah satu olahraga yang paling populer di India. Namun dalam cerita ini, penduduk India sama sekali belum tahu permainan macam apa itu.

Film ini adalah kisah dimana para pemuda India yang sama sekali tidak tahu tentang Kriket, berjuang from zero to hero untuk menjadi juara demi menghapus pajak yang mencekik di desanya.

7. Dangal

DangalFilm terbaru Aamir Khan ini berkisah tentang seorang mantan pegulat yang gagal mendapatkan medali emas untuk India dan berharap suatu hari nanti anaknya akan mampu mewujudkan mimpinya.

Namun apa mau dikata, istrinya melahirkan 4 orang anak,  tetapi semuanya wanita. Dia pun menyerah akan mimpinya tersebut.

Namun mimpinya kembali berkobar setelah suatu hari dua orang putri tertuanya pulang ke rumah setelah menghajar dua orang anak laki-laki yang mengganggunya.

Aamir Khan pun menyadari bakat gulat yang dimiliki oleh putri-putrinya. Dia pun memutuskan untuk melatih mereka menjadi pegulat profesional.

Film yang didaulat sebagai film India terlaris sepanjang masa untuk penjualannya secara domestik di akhir tahun 2016 ini diangkat dari kisah nyata 2 orang pegulat wanita pertama India yang berhasil mendapatkan medali emas dan perak.

Dengan penghasilan global mencapai 110 juta USD, Dangal sudah melampaui rekor Peekay, filmnya sendiri.

Film inilah yang membuat Aamir Khan memutuskan untuk menolak tawaran bermain film bersama dengan Jackie Chen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *