10 Fakta yang jarang orang tahu tentang film Beauty and The Beast (2017)

fakta film beauty and the beast
Please follow and like us:

Film Beauty and the Beast (2017) yang dibintangi oleh Emma Watson (Belle) dan Dan Stevens (Beast) sebenarnya hanya mengangkat cerita dongeng populer yang dulu pernah dianimasikan oleh Disney pada tahun 1991.

Namun entah kenapa film ini mampu membius banyak penikmat film di penjuru dunia, hingga mampu memecahkan berbagai rekor film Box Office.

Sebenarnya apa sih yang istimewa dari Live Action film Beauty and the Beast (2017) ini?

Sejuta Fakta akan mencoba untuk merangkum beberapa fakta menarik tentang film Disney yang disutradari oleh  Bill Condon ini untuk para pembaca sekalian.

Check it out!

1. Film Beauty and the Beast (2017) merupakan film musikal dengan biaya produksi termahal

Menghabiskan dana produksi hingga $160 juta USD, Live Action Beauty and the Beast menjadi film musikal dengan biaya produksi termahal yang pernah dibuat hingga tahun 2017 ini.

Hanya ada satu film musikal yang mampu menyaingi ongkos produksi yang super fantastis tersebut yaitu film Hello, Dolly (1969).

Hello, Dolly menghabiskan dana produksi sebesar $25 juta USD pada saat itu. Jumlah tersebut diperkirakan setara dengan $165 juta USD jika dihitung di tahun 2016.

2. Untuk pertama kalinya, Disney menampilkan karakter gay secara terang-terangan di film keluarga mereka

Karakter LeFou dalam film ini secara terang-terangan ditunjukkan sebagai seorang gay. Meski tidak sampai menampilkan adegan gay, tetapi dalam sebuah nyanyiannya LeFou menyebutkan “ingin mencium Gaston.”

Momen yang berlangsung selama kurang lebih 5 menit ini menjadi sebuah kontroversi yang cukup heboh. Mengingat film ini adalah film keluarga.

Banyak orang yang percaya kalau karakter LeFou bukanlah karakter gay pertama yang disisipkan dalam film-film Disney.

Namun dalam film-film sebelumnya Disney hanya menampilkan karakter cowok gemulai yang identik dengan gay. Tidak terang-terangan menyebutkan bahwa karakter tersebut adalah gay, seperti yang terjadi pada LeFou.

3. Karakter LeFou adalah satu bentuk penghargaan Disney kepada LGBT yang bekerja pada proyek mereka

Sudah bukan rahasia umum lagi jika beberapa animator, songwriter, hingga karakter designer Disney adalah pengidap LGBT.

Salah satu yang paling terkenal adalah Howard Ashman, orang yang menulis lagu “Beauty and the Beast.”

Banyak yang percaya bahwa LeFou merupakan sebuah penghormatan Disney terhadap Howard Ashman yang sudah meninggal tahun 1991 akibat terjangkit AIDS.

4. Beberapa negara memboikot penayangan film ini akibat kontroversi tersebut

Menurut wikipedia, Rusia sempat melarang film ini tayang di negara mereka akibat kasus tersebut. Namun akhirnya mencabutnya dengan syarat anak-anak dibawah 16 tahun dilarang menonton tanpa pendampingan orang dewasa.

Pemerintah Malaysia meminta Disney untuk memotong adegan LGBT tersebut jika ingin film ini tayang di Malaysia. Namun pihak Disney bersikukuh untuk mempertahankannya.

Akibatnya jadwal penayangan film ini diundur hingga 30 Maret karena Disney masih berharap pihak Malaysia berubah pikiran.

Tidak hanya itu, beberapa petisi online pun dibuat untuk memboikot Beauty and The Beast (2017). Salah satunya adalah LifePetitions yang sudah mendapatkan lebih dari 129.000 tanda tangan.

5. Beauty and the Beast menjadi film dengan penjualan tiket pre-sales terlaris di US dan Kanada

Terlepas dari kontroversinya, film ini juga berhasil mencetak beberapa rekor penjualan yang fantastis.

Fandango mencatatkan, penjualan tiket pre-sales Beauty and The Beast sebagai penjualan tiket pre-sales film keluarga terlaris dan tercepat sepanjang sejarang perusahaan tersebut.

Penjualan pre-sales tersebut berhasil melampaui rekor yang dicetak oleh Finding Dory di tahun sebelumnya.

Diperkirakan dalam seminggu pertama penayangannya di US dan Kanada film ini sudah mengantongi penghasilan sekitar $100 juta – $130 juta USD.

6. Banyak yang berpendapat bahwa wujud The Beast lebih seksi daripada wujud manusianya.

Orang luar negeri memang unik. Berdasarkan pantauan kami terhadap situs Buzzfeed, justru banyak orang yang berpendapat bahwa wujud The Beast lebih seksi dibandingkan wujud manusianya.

Komentar tersebut tidak hanya terkhusus pada versi live action movie nya saja, tetapi juga pada versi animasi yang dibuat tahun 1991.

Bagaimana menurut kalian?

7. Butuh waktu lebih dari 1 tahun untuk membuat gaun dansa yang dikenakan Belle

Menurut info dari detik.com, dibutuhkan waktu persiapan selama 18 minggu bagi desainer Jacqueline Durran untuk mempersiapkan gaun kuning yang dikenakan Belle saat berdansa dengan Beast.

Persiapan tersebut meliputi konsep design hingga pemilihan kainnya.

Sementara untuk pengerjaannya sendiri dikatakan memakan waktu hingga 12 ribu jam atau sekitar 16 bulan.

8. Pemeran film Beauty and the Beast tertukar dengan La La Land

Menurut info yang kami dapat dari bookmyshow, sebenarnya Ryan Gosling terpilih untuk memerankan Beast. Namun dia menolaknya karena lebih memilih bermain dalam La La Land.

Sebaliknya, Emma Watson sebenarnya ditawari untuk memerankan Mia (tokoh utama cewek La La Land) tetapi dia menolaknya karena lebih memilih Beauty and the Beast.

Nah loh!

9. Adegan dansa adalah adegan paling horor bagi Emma Watson

Adegan dansa Belle dan Beast di penghujung cerita di film ini memang terlihat begitu romantis bagi para pemirsanya. Namun tidak bagi Emma Watson saat melakukan syuting adegan tersebut.

Emma berulang kali melihat ke arah kakinya saat berdansa karena merasa ketakutan. Emma takut terinjak sepatu besi yang dikenakan Dan Stevens saat mengenakan kostum Beast.

10. Setelah 26 tahun akhirnya Sir Ian McKellen mau memerankan karakter Cogsworth

Mungkin tidak banyak yang tahu jika Sir Ian McKellen pernah ditawari untuk mengisi suara Cogsworth untuk versi animasi Beauty and The Beast (1991).

Pada saat itu dia menolaknya. Dan kini setelah 26 tahun berlalu, akhirnya Sir Ian McKellen jadi juga memerankan karakter tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *