7 Alasan gokil kenapa kalian harus berkunjung ke Hutan Mangrove Jogja

kawasan hutan mangrove, Jogja
Please follow and like us:

Kawasan Hutan Mangrove Jogja yang berada tepat di perbatasan Kab. Kulonprogo (Jogja) dengan Kab. Purworejo (Jawa Tengah) ini menjadi salah satu objek wisata baru yang sangat mencuri perhatian di tahun 2016 ini.

Lokasinya yang berada di sebelah barat Pantai Congot, di seberang barat Sungai Bogowonto, membuat saya agak bingung sebenarnya ini masuk wilayah Jogja atau Purworejo, Jawa Tengah.

Peta menuju Hutan Mangrove, JogjaNamun yang pasti banyak hal yang sangat menarik dari kawasan Hutan Mangrove yang satu ini.

Setelah kemaren kita membahas tentang Pantai Baru, kali ini kita punya 7 Alasan gokil kenapa kalian harus berkunjung ke Hutan Mangrove saat datang ke Jogja.

Ini dia!

1. Banyak pilihan lokasi wisata

kawasan hutan mangrove, JogjaSepertinya sekarang di Jogja memang sedang trend bayar 1 tiket untuk masuk ke beberapa objek wisata yang berdekatan. Termasuk juga di kawasan Hutan Mangrove Jogja ini.

Kalian cukup membayar uang masuk sebesar 4 ribu rupiah per orang dan anda bebas memilih lokasi hutan mangrove yang mana yang ingin kalian eksplore.

Saya pribadi kemaren memilih langsung lurus ke Jembatan Api Api.

kawasan hutan mangrove Jogja 04Sebelum masuk ke wilayah tersebut, kalian harus merogoh kocek lagi sebesar 2000 rupiah untuk parkir sepeda motor.

Karena jalanannya agak sempit, kendaraan terbesar yang bisa masuk ke area ini adalah mobil Shuttle. Bus dua pintu tidak bisa masuk ke tempat ini.

2. Tidak hanya hutan, tetapi juga ada Pantai

Hutan Mangrove YogyakartaDi area Jembatan Api-Api kalian tidak hanya bisa menyusuri dermaga bambu yang membentang beratus-ratus meter mengelilingi area mangrove.

Kalian juga mendapatkan akses menuju ke Pantai setelah menyeberangi Jembatan Api-Api.

Pantai Hutan Mangrove, JogjaMeski Pantainya tidak rimbun seperti Pantai Baru, di Pantai ini terdapat spot-spot unik untuk bersantai ria. Mulai dari Gazebo, tempat tidur gantung, hingga ayunan, telah disediakan di tepian pantai.

Di tepian pantai juga terdapat spot foto yang cukup menantang yang berupa jembatan bambu yang disusun menyerupai ujung kapal yang menjorok ke laut.

Jika kalian cukup punya nyali, kalian bisa naik hingga ke ujung dan berfoto ala-ala film Titanic. ^_^

pantai di Jembatan api-Api

3. Banyak Spot foto unik

Di area hutan mangrove ini terdapat banyak sekali spot-spot foto unik yang pasti sangat disukai oleh orang-orang yang gemar berselfie.

Pasangan yang lagi kasmaran, bisa berfoto di dermaga cinta ini.

dermaga cinta hutan mangrove, Jogja

Atau Ingin bergelantungan di ayunan teletubbies?

Ayunan Teletubbies, Hutan Mangrove Jogja

Atau ingin mengabadikan diri menjadi satria bergitar?

Satria Bergitar Hutan Mangrove Jogja

Dan masih banyak lagi spot-spot foto unik dan menarik yang memang sengaja disediakan oleh pengelola Hutan Mangrove Jogja.

4. Naik Perahu cuma 5.000 rupiah

Wisata naik perahu di Hutan MangroveTidak harus menyewa untuk satu kelompok, kalian bisa naik perahu secara perorangan di tempat ini.

Ongkosnya pun sangat terjangkau. Hanya 5000 rupiah, kalian sudah bisa menyusuri rawa yang dikelilingi oleh rerimbunan pohon mangrove.

5.Satu-satunya tempat wisata hutan mangrove di Jogja

Kawasan wisata hutan mangrove JogjaSetahu saya, tempat ini merupakan satu-satunya tempat wisata yang bertema hutan mangrove yang ada di Jogja.

So, sayang sekali jika kalian kuliah di Jogja tetapi tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat ini.

6. Tempatnya bersih, sangat luas, dan banyak tempat istirahat

Di dalam rerimbunan hutan mangrove terdapat beberapa titik mirip gazebo yang bisa kalian gunakan untuk beristirahat di bawah rimbunnya pohon mangrove.

tempat sampah di hutan mangroveDi sana juga terdapat banyak tempat sampah untuk membuah bungkus makanan yang kalian bawa. So, jika datang ke area ini mohon jagalah kebersihan. Jangan buang sampah sembarangan.

Di tepian pantai juga terdapat gazebo, ayunan, serta mushola.

7. Bisa beli udang segar

Jembatan Api-Api kawasan Hutan Mangroove, JogjaArea wisata hutan mangrove jogja ini lokasi berdampingan dengan kolam-kolam tambak udang. Jika kalian berminat untuk membeli udang segar, di depan pintu keluar sudah ada pedagang yang menyediakannya.

Karena saya kurang begitu suka dengan udang, jadinya saya nggak menyempatkan diri untuk bertanya-tanya tentang harga per kilonya. ^_^

Dan berikut ini adalah beberapa foto yang berhasil saya abadikan dari lokasi wisata Hutan Mangrove Jogja ini:

Kawasan Hutan Mangrove Jogja 03

Kawasan Hutan Mangrove Jogja 01

Kawasan Hutan Mangrove Jogja 02Kawasan wisata hutan mangrove jogja 06

Kawasan wisata hutan mangrove jogja 05Dermaga wisata hutan mangrove Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *