10 Hal Yang wajib kalian tahu tentang kemampuan mata Rinnegan!

Fakta Mata Rinnegan
Please follow and like us:

Mata Rinnegan merupakan kemampuan Dojutsu terkuat diantara 3 Dojutsu terkuat yang dikenal di dunia Shinobi (Rinnegan, Sharingan, dan Byakugan).

Berbeda dengan Sharingan dan Byakugan, Rinnegan tidak diwariskan secara turun temurun dalam satu klan. Bahkan kemunculannya sampai dianggap hanya mitos karena selama ratusan tahun tidak pernah ada yang melihatnya.

Rinnegan baru muncul kembali diakhir Perang Dunia Shinobi ke-3 dan dimiliki oleh seorang anak yatim piatu asal Amegakure yang bernama Nagato.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Rinnegan versi Sejuta Fakta:

1. Rinnegan Hagoromo tidak tergolong sebagai Kekkai Genkai melainkan Kekkai Mora

Hagoromo OtsutsukiDalam buku Naruto Fourth databook, Hagoromo Otsutsuki diklasifikasikan sebagai pengguna Kekkai Mora, bukan Kekkai Genkai.

Oleh karenanya Rinnegan Hagoromo tidak tergolong sebagai Kekkai Genkai, melainkan Kekkai Mora. Saat ini hanya Byakugan milik Kaguya Otsutsuki dan Rinnegan milik Hagoromo Otsutsuki yang diklasifikasikan sebagai Kekkai Mora.

Sementara Rinnegan milik Uchiha Madara dan Pain masih diklasifikasikan sebagai Kekkai Genkai.

2. Rinnegan adalah mutasi dari Mangekyo Sharingan

Hagoromo SharinganDalam cerita anime, setelah mengalami rasa kehilangan yang begitu kuat, mata Hagoromo sekilas berubah menjadi Mangekyo Sharingan sebelum akhirnya berubah menjadi Rinnegan.

Mungkin karena inilah Hagoromo juga bisa membangkitkan Susanoo saat bertarung melawan Juubi.

Hal ini sesuai dengan perkataan Uchiha Madara yang menyebutkan jika Mangekyo miliknya berubah menjadi Rinnegan setelah dia menanamkan sel Hashirama Senju di dalam tubuhnya.

Sebagai catatan, Klan Senju dan Klan Uchiha merupakan keturunan langsung dari 2 anak Hagoromo yaitu Asura Otsutsuki (Senju) dan Indra Otsutsuki (Uchiha).

3. Terdapat 2 cara untuk membangkitkan Rinnegan

sel hashirama di tubuh madara uchihaYang pertama adalah dengan menerima langsung Chakra dari Hagoromo Otsutsuki seperti yang terjadi pada Sasuke Uchiha.

Dan yang kedua adalah dengan mengkombinasikan chakra milik reinkarnasi kedua anak Hagoromo (Ashura dan Indra) seperti yang diusahakan oleh Black Zetsu selama berabad-abad hingga berhasil di era Uchiha Madara dan Hashirama Senju.

4. Uchiha Madara merupakan satu-satunya Shinobi yang membangkitkan Rinnegan sebanyak 2 kali

Saat menjelang ajalnya, Rinnegan milik Uchiha Madara bangkit setelah dia menanamkan DNA Hashirama Senju di dalam tubuhnya.

Dengan menggunakan hipotesis yang sama, Kabuto Yakushi menanamkan sel Hashirama Senju di tubuh edo tensei Uchiha Madara sehingga mayat Madara juga bisa membangkitkan Rinnegan.

Meskipun pada kenyataannya kekuatan Rinnegan edo tensei Madara tidak sekuat Rinnegan yang asli.

5. Meski memiliki tomoe, mata Sasuke masih digolongkan sebagai Rinnegan

Sasuke RinneganSempat terjadi kekeliruan di dalam game Naruto Shipp┼źden: Ultimate Ninja Storm 4, dimana mata sasuke tidak digolongkan sebagai Rinnegan, melainkan sebagai Rinne Sharingan.

Padahal dalam cerita aslinya, mata Sasuke masih digolongkan sebagai Rinnegan, meskipun memiliki tomoe di dua lingkaran terdalamnya.

6. Rinnegan milik Pain sebenarnya adalah pemberian Madara Uchiha

fakta Pain NarutoTanpa ada yang menyadarinya, Uchiha Madara memberikan Rinnegan miliknya kepada Nagato saat dia masih kecil.

Karena di dalam tubuh Nagato masih mengalir darah klan Uzumaki yang merupakan keturunan dari Asura Otsutsuki, Nagato dapat menggunakan kekuatan mata tersebut dengan baik.

Setelah dewasa, Nagato menggunakan kekuatan tersebut untuk membentuk Akatsuki dan mengubah identitasnya menjadi Pain.

7. Patung Gedo Mazo hanya bisa disummon oleh pengguna Rinnegan

Gedo MazoPatung Gedo Mazo merupakan tubuh kosong Juubi (biju ekor 10) yang disegel oleh Hagoromo Otsutsuki di Bulan. Oleh karenanya patung ini mampu menyegel seluruh Biju di dalamnya.

Setelah Rinnegan milik Madara Uchiha bangkit, dia menggunakannya untuk membuka segel Gedo Mazo dan men-summonnya ke Bumi.

Patung tersebut kemudian digunakan oleh Obito dan Nagato untuk menyegel para Biju yang berhasil dikumpulkan oleh Akatsuki.

8. Selain menguasai semua jenis jutsu, Rinnegan juga memberi kemampuan khusus yang berbeda-beda kepada penggunanya.

Madara LimboRinnegan milik Madara Uchiha membuatnya mampu menciptakan Limbo (sejenis bunshin yang tidak terlihat) yang hanya bisa dilihat oleh Rinnegan.

Rinnegan milik Sasuke Uchiha membuatnya mampu melintas antar dimensi Kaguya.

Rinnegan milik Momoshiki Otsutsuki membuatnya mampu menyerap semua jenis jutsu dan mengubahnya menjadi semacam buah chakra yang bisa dimakan.

9. Tomoe pada Rinnegan milik Sasuke jumlahnya selalu berubah-ubah

Rinnegan SasukePertama kali Sasuke mendapatkan Rinnegan di dalam Manga, jumlah tomoe-nya ada 9.

Saat memvisualisasikan limbo milik Madara Uchiha, dan saat melindungi team 7 dari pengaruh Mugen Tsukuyomi, Rinnegan Sasuke tidak ada tomoe-nya.

Namun biasanya jumlah tomoe di mata Rinnegan milik Sasuke ada 6 buah.

Belum diketahui apakah ada alasan tertentu kenapa jumlah tomoe pada Rinnegan milik Sasuke terus berubah-ubah.

10. Pada anime episode 203, opening ke-16 Naruto Shippuden, dan edisi berwarna pada manga chapter 676 dan 678, mata Rinnegan digambarkan berwarna merah.

Rinnegan merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *