5 Cara Menghadapi Konten SARA Di Media Sosial

5 Cara Menghadapi Konten SARA Di Media Sosial
Please follow and like us:

Seiring berubahnya jaman ke teknologi yang semakin canggih, kita harus bisa mengikuti perkembangan serta menyaring sisi negatif yang ditimbulkan oleh hal itu.

5 Cara Menghadapi Konten SARA Di Media Sosial
Via pixabay

Terutama menanggapi banyaknya link maupun group yang ada di media sosial yang mengandung unsur perdebatan yang menyangkut SARA.

Penulis sendiri sering sekali menemukan hal tersebut di timeline facebook, tentu saja hal ini sangat mengganggu kenyamanan dalam berselancar sosial media.

Berikut ini beberapa tips untuk anda yang kurang begitu suka hal tersebut berada di dalam timeline anda.

1. Laporkan saja hal yang berbau SARA ke admin dari situs tersebut

Contohnya konten SARA yang tersebar di facebook,  kadang kebijakan dari facebook memang kurang begitu ketat menanggapi masalah seperti ini.

Tapi jika memang ada group atau link yang tersebar terlihat mengandung unsur SARA. Bisa anda coba laporkan di facebook agar ditinjau dan jika melanggar ketentuan dari facebook pasti akan dihapus.

2. Blokir fanspage , group yang bersangkutan

Entah dari teman yang like atau yang share, kadang hal tersebut memang mengganggu.

Tapi jika itu dari teman yang anda kenal, bisa anda telusuri saja sumbernya setelah itu anda blokir agar kedepannya tidak ada lagi postingan atau kiriman dari group atau fanspage yang mengganggu.

3. Jangan ikut berkomentar, like, atau share

Jika melihat ada berita menyangkut SARA yang menyinggung tentang sesuatu yang berkaitan dengan anda, contohnya agama, memang membuat risih.

Tapi kalau memang anda jengkel atau tidak terima, jangan berkomentar atau membagikannya dengan tanggapan anda.

Karena jika demikian, sumber dari permasalahan tersebut malah akan semakin tersebar, soalnya dengan cara demikian, anda malah ikut serta dalam penyebaran konten tersebut.

Jadi mending lakukan hal 2 point diatas dulu.

4. Hapus teman atau blokir teman

Kalau anda tega, mungkin hal ini bisa anda lakukan, tidak ada salahnya jika memang dirasa teman anda tersebut sudah keterlaluan.

Daripada kedepannya muncul perdebatan yang menimbulkan permusuhan mending hapus atau blokir saja teman yang menyebarkan hal tersebut.

Apalagi kalau teman anda itu hanya sebatas kenalan di facebook atau yang lainnya.

5. Tutup akun social media

Jika anda terlalu malas untuk melakukan ke empat point diatas. Cara paling mudah adalah, keluar dari arus media social tersebut.

Takut ga update berita tentang teman ? Ga masalah.

Kalau memang teman, dan masih ingat pada anda, biasanya teman anda akan menghubungi anda lewat jaringan pribadi, bukan hanya social media, bisa telepon atau messenger yang lebih nyaman.

Indonesi merupakan salah satu pengguna internet terbesar, walaupun kuota mahal, sampai ada yang membobol situs operator seluler :v.

Tapi itulah Indonesia dengan berbagai keberagamannya. Jadi semoga negara ini kedepannya bisa tetap aman damai sejahtera.

Bukan menjadi negara yang hanya mementingkan golongan, ras , atau agama tertentu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *