5 Drama seri dari berbagai belahan dunia yang mirip dengan Meteor Garden

Meteor Garden
Please follow and like us:

Meteor Garden bisa dibilang merupakan drama seri Taiwan yang paling fenomenal yang pernah tayang di Televisi Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, drama seri ini juga begitu populer di Asia, dan bahkan di dunia.

Bercerita tentang kehidupan seorang cewek biasa-biasa saja yang bersekolah di Sekolahan Elit dan harus berurusan dengan 4 cowok tajir yang super keren, Meteor Garden sukses mencuri perhatian para penikmat Drama Asia.

Berkat drama ini pulalah boyband asal Taiwan yang berjuluk F4 (Ef Tse) yang beranggotakan Jerry Yan, Vic Zhou, Vanness Wu dan Ken, sempat menjadi pujaan para wanita. Khususnya di Asia, kala itu.

Dan kini setelah belasan tahun berlalu, RCTI kembali menayangkan drama seri buatan tahun 2001 tersebut ke layar kaca Indonesia.

Drama seri Taiwan yang diadaptasi dari Manga / Komik Jepang yang berjudul Hana Yori Dango ini memang sangat fenomenal.

Saking fenomenalnya, Meteor Garden juga dibuat dalam versi K-Drama (drama korea), Dorama (drama Jepang) hingga Sinetron (drama Indonesia).

Dan berikut ini adalah beberapa judul drama seri dari berbagai negara yang mengadaptasi cerita Meteor Garden. Atau lebih tepatnya mengadaptasi cerita manga Hana Yori Dango:

1. Meteor Garden (Taiwan)

Meteor GardenDrama seri buatan Taiwan ini merupakan adaptasi live action dari manga Hana Yori Dango yang pertama kali dibuat.

Dibintangi oleh  Barbie Shu, Jerry Yan, Vic Zhou, Vanness Wu dan Ken Chu, Meteor Garden sukses dengan sangat fenomenal mencuri perhatian pemirsa drama Asia di seluruh dunia.

Tak pelak, drama seri yang diproduksi tahun 2001 ini dibuat sekuelnya di tahun 2002.

2. Hana Yori Dango (Jepang)

Hana Yori DangoKesuksesan Meteor Garden sepertinya membuat sineas di Jepang tergoda untuk membawa pulang cerita Hana Yori Dango ke negeri asalnya.

Pada tahun 2005, dirilislah live action series Hana Yori Dango versi Jepang dengan judul aslinya “Hana Yori Dango” dengan dibintangi oleh Mao Inoue, Jun Matsumoto, Shun Oguri, Shota Matsuda, dan Tsuyoshi Abe.

Memang tak sefenomenal Meteor Garden, tetapi adaptasi manga karya Yoko Kamio ini mendapatkan sukses besar di Jepang.

Terbukti dengan dibuatnya 2 cerita lanjutan di tahun 2007 (Hana Yori Dango Returns) dan sebuah Live Action Movie pada tahun 2008 yang berjudul “Hana Yori Dango Final.”

3. Boys Over Flower (Korea)

Boys Over FlowerMerupakan adaptasi Hana Yori Dango versi Korea yang ditayangkan pada tahun 2009. Di Indonesia, drama seri ini lebih dikenal dengan “Boys Before Flower.”

Dengan dibintangi oleh  Lee Min-ho, Ku Hye-sun, Kim Hyun-joong, Kim Bum, Kim Joon, dan Kim So-eun, bisa dibilang Boys Over Flower hampir menyamai kesuksesan Meteor Garden.

4. Meteor Shower (China)

Meteor ShowerAdaptasi Meteor Garden versi China yang tayang dari pertangahan tahun 2009 hingga 2010 di Hunan TV ini konon merupakan adaptasi tanpa ijin resmi.

Pihak produksinya sendiri menyebutkan bahwa Meteor Shower bukanlah sebuah karya adaptasi, melainkan hanya terinspirasi dari manga Hana Yori Dango.

5. Siapa Takut Jatuh Cinta (Indonesia)

Siapa takut jatuh cintaUntuk yang satu ini sebenarnya kurang begitu pas kalau disebut adaptasi Hana Yori Dango versi Indonesia, karena tidak ada info tentang kerjasama atau ijin adaptasi.

Ceritanya pun juga sedikit berbeda dengan Hana Yori Dango yang asli.

So, mungkin sinetron yang dibintangi oleh Leony, Indra Bruggman, Roger Danuarta, Steve Emmanuel dan Jonathan Frizzy ini lebih tepat disebut “terinspirasi dari Meteor Garden.”

Menurut kalian, adaptasi Hana Yori Dango mana yang paling menarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *