7 Fakta mengagumkan mobil komodo, mobil pertama yang asli 100% buatan Indonesia

fakta mobil komodo
Please follow and like us:

Indonesia patut berbangga karena kini memiliki mobil komodo, sebuah merk mobil offroad yang asli 100% buatan anak bangsa.

Diproduksi oleh PT Fin Komodo Teknologi yang bermarkas di Cimahi, mobil FIN komodo dijual dengan kisaran harga 88 juta rupiah untuk yang standar. Sementara untuk yang medical, harganya dibanderol 130 juta rupiah.

Apa saja sih yang istimewa dari mobil FIN komodo ini? Sejuta fakta telah berhasil merangkum beberapa fakta tentang mobil komodo yang wajib kalian ketahui sebagai berikut:

1. FIN Komodo merupakan pabrik otomotif pertama asli Indonesia yang berbasis prinsipal.

Mobil model cruiser ini asli 100% karya anak bangsa. PT Fin Komodo Teknologi adalah pabrik otomotif berbasis prinsipal, sehingga perusahaan ini melakukan semuanya sendiri.

Mulai dari desain  dan  rekayasa, dilanjutkan ke arah industri perakitan  sampai ke riset dan pengembangan produk mobil nasional FIN Komodo Offoad Utility Vehicle, semuanya dilakukan sendiri oleh PT Fin Komodo Teknologi.

Jadi, perusahaan ini bukan pabrik Perakitan mobil seperti Toyota atau Daihatsu, dan juga bukan Pemegang Merk Dagang seperti BMW dan Mercedes Benz. FIN Komodo, asli berdiri sendiri.

Mantap gila kan, bro?!?

2. Mobil Komodo sudah sampai Malaysia dan Afrika

Sampai saat ini, mobil komodo belum melakukan penjualan secara ekspor ke luar negeri. Namun bagaimana bisa mobil ini sampai ada di Malaysia dan Afrika?

Ternyata, menurut info dari detik oto, para pembeli yang datang langsung ke Cimahi untuk membelinya. Baru kemudian dibawa ke negara mereka secara swadaya.

Presiden Direktur PT Fin Komodo Teknologi, Ibnu Susilo, mengatakaan mobil komodo memang belum familiar di telinga orang Indonesia. Namun tidak sedikit pembeli yang tanpa ragu langsung membelinya.

Kualitas memang tidak bisa bohong!

3. Mampu mengangkut beban hingga 250 kg dan bertahan 4 hari di dalam hutan

Berdasarkan informasi dari tribunnews, dengan bahan bakar kurang lebih 5 liter, mobil komodo dapat menyusuri medan hutan yang berjarak sekitar 100 km dalam waktu hanya 6-7 jam saja.

Kapasitas tangkinya sendiri adalah 20 liter. Itu artinya untuk sekali isi full tank, mobil tangguh ini dapat dipakai untuk menyusuri hutan selama 4 hari. Dengan catatan hanya dipakai di siang hari. Malamnya dipakai untuk istirahat.

Sementara untuk kapasitas angkutnya, mobil komodo mampu mengangut beban hingga maksimal 250 kg.

4. Setiap 3 hari sekali 1 mobil komodo terlahir

Berdasarkan info yang kami dapat dari detik oto, PT Fin Komodo ternyata sudah berproduksi sekitar 12 tahun.

Setiap tahunnya mereka mampu melahirkan sebanyak 120 mobil komodo untuk total semua unik, termasuk di dalamnya mobil patroli, militer, perkebunan, pertambangan, ambulans, angkutan sawit dan beberapa kegunaan lain dengan satu platform yang sama.

Itu artinya rata-rata setiap 3 hari sekali 1 mobil komodo terlahir.

5. FIN Komodo memiliki Database Engineering dan Model Matematika sendiri

Oleh karenanya perusahaan swasta nasional ini bisa menciptakan model-model kendaraan baru termasuk kendaraan dengan misi-misi khusus, tanpa bantuan dari negara lain.

6. Dibuat dengan penggabungan metode perancangan Pesawat terbang dengan otomotif

So, jangan heran jika mobil Komodo memiliki rangka yang ringan, kokoh, kuat, handal, nyaman, dan aman. Bahkan kendaraan ini mampu berjalan dengan stabil pada medan dengan kemiringan 45 derajat.

7. Dijiplak oleh China

Seperti yang kita tahu, China adalah rajanya penjiplak di dunia. Dan mobil Komodo adalah satu korban terbarunya.

Sisi positifnya adalah dengan dijiplak oleh China berarti kualitas mobil komodo memang benar-benar sudah teruji dan diakui dunia.

Sisi negatifnya, China benar-benar kurang ajar! Dan yang lebih kurang ajar lagi adalah mereka yang mau membeli produk jiplakan mereka!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *