7 Perbedaan drama Korea dengan drama India yang paling mencolok

Perbedaan drama Korea dengan drama India
Please follow and like us:

Drama Korea dan Drama India merupakan 2 tipe serial TV yang begitu populer di dunia. Sama-sama berasal dari Asia, kedua drama seri tersebut memiliki ciri khas masing-masing yang begitu mencolok.

Perbedaan yang sangat mencolok antara drama Korea dengan drama India begitu terlihat dalam 7 hal yang tim Sejuta Fakta berhasil temukan sebagai berikut:

1. Jumlah episode drama India jauh lebih panjang dibanding drama Korea

Bisa dibilang drama India itu sama dengan Sinetron Indonesia. Selama masih banyak yang nonton maka ceritanya tidak akan habis-habis.

Hampir semua drama India yang tayang di Indonesia memiliki jumlah episode lebih dari 1.000 dan ceritanya masih terus berlanjut. Drama India Gopi misalnya. Meski sudah tayang 2.000 episode tetapi di India masih belum tamat.

Hal ini sangat kontras dengan drama seri Korea yang jumlahnya hampir semuanya hanya dua digit. Meskipun ratingnya luar biasa, tetapi jika memang sudah waktunya tamat, ya tamat.

2. Adegan drama India lebih banyak di dalam rumah

Entah ini terkait masalah budget atau masalah lain, tetapi berdasarkan apa yang selama ini ditampilkan, cerita dalam drama India hampir 75% berlatar belakang di dalam rumah. Mirip sinetron Indonesia.

Sementara adegan dalam drama Korea lebih variatif, tergantung alur ceritanya bagaimana.

3. Kostum dalam drama India hampir selalu baju tradisional. Sementara drama Korea hampir selalu produk endorse

Hampir semua drama India yang pernah ditayangkan di TV Indonesia selalu saja menampilkan artis-artis yang berpakaian tradisional India. Entah itu cerita kolosal maupun cerita modern.

Berbeda dengan drama Korea yang cenderung mengenakan baju-baju endorse dari merk fashion kenamaan. Seperti baju-baju bermerk yang dipakai oleh Gong Yoo dalam drama Goblin.

Baca juga: Harga selangit 29 baju yang dipakai Gong Yoo dalam Drama Goblin

Drama Korea hanya menampilkan baju-baju tradisional jika alur ceritanya berlatar belakang masa kerajaan.

4. Drama Korea dibintangi oleh artis kelas 1, sementara drama India dibintangi artis kelas 2

Di Korea sudah lumrah jika artis layar lebar juga bermain dalam drama TV atau drama web. Namun di India, artis TV dengan artis film layar lebar seolah seperti terpisah dalam kasta yang jauh berbeda.

Sangat jarang (mungkin hampir tidak ada) bintang film terkenal India yang juga main dalam drama TV India.

5. Cerita dalam drama India hampir selalu konflik masalah keluarga, sementara drama Korea mengangkat kasus yang beragam

Yang unik dari drama India adalah apapun genrenya entah itu fiksi ilmiah atau supernatural, tetap saja ujung-ujungnya terdapat konflik dalam keluarga.

Sementara drama Korea mengangkat cerita yang beragam. Mulai dari sejarah, cinta, misteri, hingga pekerjaan.

6. Cerita cinta Drama Korea biasanya berakhir setelah dua hati bersatu. Drama cinta India terus berlanjut hingga berkeluarga dan punya anak

Biasanya drama Korea menampilkan para jomblo yang sedang mencari cinta. Lalu ceritanya berakhhir ketika si jomblo sudah mendapatkan cinta sejatinya.

Namun cerita cinta dalam drama India tidak sesingkat itu. Meski sudah menikah dan punya anak, ceritanya akan terus berlanjut selama ratingnya masih bagus.

7. Ending Drama Korea sudah ditulis dari awal, Drama India tidak.

Biasanya setiap kali sebuah judul drama Korea baru ditayangkan, kita juga sudah diberitahu drama tersebut akan tayang sebanyak berapa episode. Atau setidaknya cerita akhirnya sudah ditulis dalam skenario.

Namun drama India lain. Persis seperti sinetron Indonesia, ending ceritanya belum akan diketahui jika ratingnya masih bagus di TV. Bahkan meski karakter utamanya sudah mati, ceritanya masih dapat terus berlanjut.

Ada yang mau menambahkan? ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *