Perkembangan Pemutar dan Penyimpan Musik Dari Masa ke Masa

walkman sony
Please follow and like us:

Berbicara soal musik, tentu kita juga akan mengingat bagaimana kita bisa mendengarkannya, yang jelas harus menggunakan sebuah perangkat pemutar lagu yang ada di jamannya waktu itu.

Alat pemutar musik memang sangat berkembang serta mengalami banyak perubahan lho. Kalian kangen ga masa-masa dimana lagi sepedaan atau di jalan dengerin musik pakai dari kaset pita gitu?

Kalau kangen mari kita bahas beberapa media pemutar musik dari jadul hingga saaat ini.

1. Piringan hitam yang sekarang menjadi benda antik dulu adalah penyimpan musik yang populer

piringan hitam
Piringan Hitam via pixabay

Saat ini di tahun 2017 ini, piringan hitam sudah menjadi barang langka yang mungkin saja menjadi buruan para kolektor benda-benda antik.

Jauh sebelum kaset pita memang piringan hitam juga populer yang diputar dengan gramaphone maupun turntable.

2. Masih ingat dengan tape rumahan untuk memutar kaset pita maupun yang portable seperti walkman?

walkman sony
Walkman sony via pixabay

Dulu di tahun 90an yang namanya orang pakai walkman(nyebutnya pada walkman padahal walkamn itu merk) dan dengerin musik pakai headset gitu dah keliatan cool banget lho.

Ga tau dengerin lagu apa, tapi yang jelas pemutar musik yang masih memakai kaset pita ini masih ada hingga tahun 2000an, tapi mulai ditinggalkan karena sudah ada yang lebih canggih.

Dulu muter musik mesti di puter beneran dan biasanya kaset pita ini hanya tersedia side a sama side b dan itupun mesti 1 lagu dari musisi tertentu, kecuali jika ada kompilasi lagu yang dibuat dengan kaset ini.

3. Mp3 player,VCD player dan Compact Disc

Sony discman walkman
Sony discman via acomprarsanjuan.com

Dimulai ketika penyimpanan file musik sudah bisa dibentuk dalam format digital yang lebih canggih melalui sebuah kaset CD, disinilah pemutar musik yang masih menggunakan kaset pita mulai ditinggalkan.

Tapi ada beberapa produk pemutar yang masih mengkombinasikan antara pemutar dengan kaset pita dan yang sudah memakai CD ini.

Perkembangan saat alat ini di pasarkan memang sangat cepat, seketika banyak sekali beredar kaset-kaset bajakan, entah itu berupa video, film mapun musik.

Tentunya harga yang dijual lebih murah bahkan sangat jauh dari produk aslinya.

Walau demikian kepopuleran alat ini memang membuat kita bisa memutar musik lebih praktis dan tentu saja tidak takut jika file rusak karena menggunakan pita lebih rentan rusak daripada CD(asal ga baret baret).

4. MP3 Player Portable

Ipod shuffle
Ipod shuffle via pixabay

Dimulai dari apple yang mengeluarkan perangkat ipod yang dapat digunakan untuk mendegarkan musik secara portabel dan praktis karena tidak perlu nenteng-nenteng kaset lagi.

Disinilah perkembangan pemutar musik lebih praktis lagi. Setelah itu muncul produk-produk mp3 player portable .

Perangkat ini sebenarnya hanya untuk memudahkan orang memutar file yang berformat mp3.

Jaman masih CD juga bisa lewat CD kan, hanya saja di mp3 portable inilah hanya membutuhkan data file format mp3 nya saja untuk bisa memutar musik.

Dan hal tersebut menambah kepraktisan dalam mendengarkan musik dimanapun.

biasanya di produk-produk dari china, perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan recorder dan juga radio fm.

5. Setelah Media player portable, hadir juga perangkat yang bisa digunkan untuk multimedia seperti pemutar video secara portable juga

Ipod Nano
Ipod Nano via pixabay

pernah punya yang begini? dulu penulis punya dan rasanya sangat senang karena dari layar kecil yang tersedia sudah bisa menyaksikan video klip beserta suaranya.

Walaupun layar kecil tapi rasanya tetep seneng karena bisa di puter sambil tiduran juga.

6. HP canggih dan baru semakin banyak yang bisa digunakan untuk media pemutaran musik dan video klip

mobile phone
Mobile phone via pixabay

Zaman Mp3 portable sebernya tidak begitu lama, karena saat handphone yang mulanya monokrom dan berubah menjadi polyphonic.

Banyak dari produsen handphone tersebut melengkapinya dengan media player yang bisa digunakan untuk memutar file musik maupun video.

7. Smartphone muncul dan membuat perubahan pada teknologi saat ini termasuk media pemutar musik yang sudah ada di dalamnya

Smartphone
Smartphone dan tablet via pixabay

Disini adalah era dimana beberapa perangkat yang tadinya terpisah digabungkan menjadi satu dalam bentuk smartphone.

Saat ini tepatnya dijaman ini perangkat smartphone tentu saja sudah di lengkapi dengan fitur pemutar musik maupun multimedia, gambar dan radio.

Selain itu , kita juga bisa melkukan panggilan, sms ataupun berselancar di internet. Serasa benar-benar dunia informasi berada di genggaman anda .

Sisi positifnya, karena koneksi internet sudah menjadi kebutuhan, kita bisa agak terbebas dari yang namanya pembajakan.

Karena banyak sekali aplikasi ataupun situs resmi untuk memutar lagu secara streaming menggunakan internet, bahkan radio juga bisa.

Otomatis kita tidak perlu mendownload file musiknya yang kebanyakan memang bajakan karena sudah tersedia secara gratis di situs streaming resmi.

Tinggal hubungan internet dan bisa bebas memutar library yang tersedia di situs yang disediakan tersebut. Susahnya jika saat koneksi lambat atau tidak mendapatkan koneksi internet.

Tentu saja kita tidak bisa memutarnya kembali karena hanya streaming.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *