7 Hal Yang Membuat Sistem Pendidikan Di Finlandia Lebih Maju

7 Hal Yang Membuat Sistem Pendidikan Di Finlandia Lebih Maju
Please follow and like us:
7 Hal Yang Membuat Sistem Pendidikan Di Finlandia Lebih Maju
Via Pixabay

Moi ( Hi ) , Salah satu percakapan yang sering saya baca di game Growtopia. Apakah anda tahu itu bahasa mana? Ya, Itu Bahasa Finlandia.

Finlandia merupakan salah satu negara maju yang yang sangat unggul di dalam bidang pendidikan. banyak sekali yang beranggapan bahwa metode belajar yang diberikan di Finlandia adalah yang Terbaik.

Bebebrapa hal ini menjelaskan bahwa Finlandia memiliki sistem pendidikan yang terbaik .

1. Setiap sekolah atau Guru Berkuasa Menyusun Kurikulumnya Sendiri

Tidak seperti kebanyakan negara, di Finlandia , seorang guru tak perlu terbebani dengan sebuah kurikulum .

Negara ini tidak mengenal yang namanya ujian mid atau Ujian Nasional. Dalam evaluasi belajar secara nasional pun tidak ada intervensi dari pemerintah.

2. Kualitas seorang Guru Harus benar-benar Terbaik

Di Finlandia, untuk menjadi seorang guru tidak mudah, Mereka yang bisa menjadi seorang guru merupakan kelompok 10 besar lulusan terbaik.

Dan Profesi ini sangat dihormati dan dihargai oleh masyarakat. Masalah gaji, mereka tidak digaji tinggi. Hanya saja, para Orang-orang yang berprofesi sebagai guru di Finlandia sangat menikmati profesi ini.

3. Terlalu Banyak Ujian dan Tes bisa menjadi penghancur Tujuan Siswa Belajar

Ya, itu adalah anggapan dari Finalndia, bahwa ujian dan tes bisa menghancurkan tujuan dari belajar itu sendiri. Karena jika hal ini diterapkan malah terkesan hanya mengajari para siswa untuk bisa lolos ujian.

Penulis teringat oleh salah satu dosen yang dulu pernah mengajar dan tidak mempermasalahkan nilai karena sudah dijamin mendapat nilai baik .(nyatanya dulu temen sekelas malah jarang ada yang bolos).

Dan Terbukti untuk penulis sendiri malah waktu mengikuti pelajarannya menjadi lebih santai dan lebih masuk, karena tekanan untuk mendapatkan nilai baik sudah hilang dan diganti dengan fokus pada pelajaran.

4. Tidak memiliki kelas unggulan

Di Finlandia tidak memakai sistem kelas unggulan karena bisa menciptakan sebuah sistem kasta. Dan hal ini memang kurang begitu bermanfaat.

Apa manfaat mengumpulkan siswa berperestasi di satu kelas yang disebut kelas unggulan?

Menurut penulis hal ini sangat absurd karena berprestasi atau tidak di sekolah, bukanlah penentu seorang siswa akan sukses di masa depan.

5. Nyaris ga ada Tugas tambahan , les , atau PR

Hal ini karena di Finlandia tidak membebani anak-anak yang menghalangi mereka untuk lebih kreativ. banyak les dijamin pinter? Tak semua demikian, dan hal ini malah bisa jadi beban para siswa.

6. Jam belajar singkat

Di Finlandia, kegiatan belajar mengajar hanya sekitar 4 sampai 5 jam saja. Dan untuk jenjang SMA serta Perkuliahan, mereka hanya akan masuk ke jadwal kelas yang sudah mereka pilih di awal .

7. Fasilitas Yang memadai

Memang fasilitas yang bagus dan baik itu penting untuk lebih mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar. Dan Finlandia juga begitu.

Walaupun menurut wawancara dengan Guru Besar Universitas Turku Finland di dalam situs Detik, menyatakan bahwa alokasi biaya untuk pendidikan lebih sedikit dibanding Indonesia.

Mungkin walaupun sedikit tapi lebih amanah ya. Soalnya penulis juga baca tentang Finlandia merupakan salah satu negara terbersih dari kasus korupsi ini.

Semoga Indonesia juga bisa begitu atau malah lebih bagus dari Finlandia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *